Selama berlangsungnya kegiatan Kaki Lima Night Market besok, sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan tertutup bagi seluruh kendaraan. Tapi, kita sudah siapkan pengalihan arus lalu lintas,"
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menutup Jalan Medan Merdeka Selatan di Jakarta Pusat selama pelaksanaan kegiatan Kaki Lima Night Market pada Sabtu malam (5/10).

"Selama berlangsungnya kegiatan Kaki Lima Night Market besok, sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan tertutup bagi seluruh kendaraan. Tapi, kita sudah siapkan pengalihan arus lalu lintas," kata Kepala Dishub DKI Udar Pristono di Jakarta, Jumat.

Menurut Pristono, pihaknya akan melakukan penutupan di Jalan Medan Merdeka Selatan, khususnya pada sisi selatan, yaitu mulai dari depan Kedutaan Besar Amerika Serikat hingga bundaran air mancur patung kuda.

"Pertama-tama, kami akan tutup sebagian jalur, terutama di sisi selatan ke arah barat pada pukul 11.00 WIB untuk memberikan kesempatan bagi pihak penyelenggara mempersiapkan segala kebutuhan acara," ujar Pristono.

Kemudian, lanjut dia, Jalan Medan Merdeka Selatan akan ditutup total mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB. Jalan tersebut baru dapat dilewati kembali oleh kendaraan pada pukul 01.00 WIB.

Untuk pengalihan arus yang akan dilakukan, yaitu kendaraan dan angkutan umum yang melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan diarahkan melalui Jalan M Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara dan seterusnya.

Selain pengalihan arus kendaraan, operasional bus TransJakarta, khususnya koridor dua juga akan dialihkan, yakni dari Halte Busway Harmoni melewati Pasar Baru-Pejambon-Kwitang-Pulogadung.

"Jadi, ada tiga halte yang tidak akan dilalui, antara lain Halte Busway Monas, Halte Busway Balai Kota dan Halte Busway Gambir 2. Pengalihan rute busway ini akan dilakukan mulai pukul 15.00 sampai 23.00 WIB," tutur Pristono.

Untuk kenyamanan pengunjung yang membawa kendaraan, Dishub DKI menyediakan beberapa lokasi parkir, yaitu di lapangan parkir IRTI Monas, Jalan Silang Medan Merdeka Barat, Jalan Silang Medan Merdeka Timur Daya dan Stasiun Gambir.

Pristono menghimbau agar masyarakat menyesuaikan diri dengan pengalihan arus tersebut karena ada rencana kegiatan Kaki Lima Night Market akan digelar secara rutin setiap Sabtu malam.
(R027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013