Jakarta (ANTARA) - Microsoft memperbarui aplikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Microsoft Copilot untuk Windows 11 dengan segera menghadirkan sejumlah kemampuan dan plugin baru yang bisa digunakan pengguna.

Menurut laporan Tech Crunch, Jumat, sejumlah plugin baru yang akan dihadirkan di antaranya OpenTable, Shopofy, dan Kayak. Selain itu, fitur pengeditan foto dan video berbasis AI tersedia di aplikasi Photos dan Clipchamp.

Pembaruan widget dan fungsionalitas fitur Windows Snap juga dihadirkan untuk membantu pengguna dalam mengatur berbagai aplikasi yang sedang dibuka bersamaan.

Baca juga: Microsoft kini mendukung rapat virtual 3D dan VR

Kemampuan baru dari Microsoft Copilot ini akan tersedia pada akhir Maret. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur penghemat baterai; menampilkan informasi tentang perangkat, sistem, dan baterai; meluncurkan fitur text-to-speech Narrator, menampilkan alamat IP, serta mengosongkan Recycle Bin.

Dengan beragam kemampuan tersebut, seiring berjalannya waktu aplikasi Microsoft Copilot diperkirakan dapat secara otomatis menangani tugas-tugas kompleks pada perangkat PC yang membantu produktivitas penggunanya.

Kegiatan-kegiatan yang dapat dibantu oleh Microsoft Copilot melalui plugin barunya seperti melakukan reservasi restoran melalui OpenTable, memesan tiket perjalanan dengan Kayak, dan berbelanja secara daring dengan hadirnya integrasi Shopify.

Baca juga: Microsoft tawarkan langganan AI Copilot senilai Rp311 ribu

Pada saat yang sama, saat ini Microsoft juga mengintegrasikan lebih banyak fitur AI ke dalam aplikasi Windows yang ada. Pertama adalah fitur penghapusan generatif di aplikasi Photos, serupa dengan fitur yang telah lama dihadirkan Google di Google Photos untuk ponsel meskipun tidak secanggih Photoshop.

Kedua, adalah fitur "silence remover" yang akan secara otomatis mengidentifikasi dan menghilangkan keheningan panjang dalam trek audio, sehingga menghemat waktu dan tenaga pembuat konten dalam mengedit.

Baca juga: Microsoft hilangkan WordPad di versi Windows 11 Insider Build terbaru

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024