Jakarta (ANTARA) - Microsoft mengatakan bahwa konsumen dan usaha kecil dapat membeli langganan untuk mengakses lebih banyak kemampuan dalam kecerdasan buatan Copilot, seiring upaya mereka untuk meningkatkan penjualan di luar perusahaan besar.

Setelah memperkenalkan AI Copilot gratis untuk mesin pencari Bing tahun lalu, Microsoft akan menawarkan paket berlangganan Copilot Pro kepada individu seharga 20 dolar Amerika Serikat (Rp311 ribu) per bulan.

Langganan itu akan menambahkan asisten AI untuk menyusun teks dan menghitung angka ke dalam aplikasi Microsoft yang banyak digunakan termasuk Word dan Excel, dan akan memberi pembeli akses ke alat dan model AI baru seperti GPT-4 Turbo, seperti disiarkan Reuters, Selasa.

Baca juga: Microsoft Copilot tersedia sebagai aplikasi mirip ChatGPT di Android

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka menghapus persyaratan minimum 300 orang untuk membeli perangkat lunak versi perusahaan, membuat fitur keamanan dan peningkatan Microsoft Teams yang dikombinasikan dengan Copilot tersedia bagi bisnis kecil dengan biaya 30 dolar AS (Rp460 ribu) per bulan per pengguna.

Microsoft sekarang mengharapkan hampir semua pelanggan bisnisnya untuk mendaftar, kata Wakil Presiden Perusahaan Jared Spataro dalam sebuah wawancara.

“Saya tidak bisa membayangkan sebuah organisasi komersial di luar sana yang tidak mau membeli setidaknya satu kursi Copilot untuk melihat apa itu semua,” kata Spataro.

Google Alphabet bersaing dengan Microsoft dalam memasarkan AI untuk produktivitas dan perangkat lunak cloud kepada pelanggan bisnis.

Copilot Pro dari Microsoft juga memasuki pasar konsumen yang semakin kompetitif. Pencipta ChatGPT, OpenAI, yang didanai oleh Microsoft, mengumumkan langganan 20 dolar AS per bulan hampir setahun yang lalu yang disebut ChatGPT Plus yang memberikan akses awal ke fitur-fitur baru dan model AI.

Spataro mengatakan Copilot Pro akan menonjol karena terintegrasi ke dalam aplikasi yang digunakan orang setiap hari.

Baca juga: Tombol Copilot jadi perubahan besar keyboard Windows dalam 30 tahun

Baca juga: Google Bard bawa fitur Respond in Real Time dan Skip Response

Baca juga: OpenAI tunda peluncuran toko GPT kustom hingga awal 2024

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024