Microsoft dia ingin hadir di pertengahan April, terus Apple juga CEO-nya Tim Cook juga mau datang 20 April.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya tengah bersiap untuk menemui perwakilan dari para raksasa teknologi global yaitu Microsoft dan Apple, secara umum ditujukan untuk mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia.

"Microsoft dia ingin hadir di pertengahan April, terus Apple juga CEO-nya Tim Cook juga mau datang 20 April. Dia mau membuat Apple Academy, nah kita mau lihat dan tinjau itu Apple Academy," kata Budi, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis.

Secara lebih rinci, Budi menjelaskan adapun untuk perwakilan Microsoft yang akan datang ke Indonesia dan melakukan diskusi bersama pihaknya ialah CEO Microsoft yaitu Satya Nadella.

Ia menyebutkan khusus dengan Microsoft, salah satu topik bahasannya ialah terkait dengan pengembangan talenta digital dan juga pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di Indonesia.

Pertemuan itu merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman yang baru dikukuhkan antara Microsoft Indonesia dan Kementerian Kominfo pada pekan lalu, tepatnya pada Kamis (14/3).

"Kami bakal membicarakan bagaimana transfer technology and knowledge buat transformasi digital Indonesia. Melanjutkan yang sudah kemarin kami bicarakan. Karena mau tidak mau kan artificial intelligence ini AI ini akan terus berkembang, sehingga kita perlu banyak kerja sama dan mengadopsi berbagai pemain-pemain global," kata Budi.

Sementara itu, untuk pertemuan dengan Apple, menurut Budi, nantinya akan difokuskan untuk membahas secara spesifik pengembangan talenta-talenta digital yang lebih profesional.

Apalagi saat ini Apple Academy sudah ada di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, maka menurut Budi kerja sama sejenis harus lebih dikuatkan dan ditingkatkan untuk mendorong percepatan transformasi digital Indonesia.

"Apple itu kan dia mau meresmikan lebih banyak Apple Academy. Sekarang kan sudah beroperasi di BSD dan Batam, nah ini nanti mau di Bali. Saat ini Apple Academy sudah melatih sekitar hampir 2000 talenta," katanya pula.
Baca juga: Investasi pusat data dorong transformasi digital
Baca juga: Kemenkominfo gandeng perusahaan teknologi genapi transformasi digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024