Bangkok (ANTARA News) - Presiden Chile, Sebastian Pinera, Jumat, tiba di Bangkok untuk kunjungan resmi ke Thailand sebagai tamu pemerintah Negeri Gajah Putih itu dari 4-5 Oktober.

Pinera mengunjungi Thailand sebelum menghadiri KTT APEC 2013, di Bali, Indonesia, pada 7-8 Oktober ini.

Ini adalah kunjungan resmi pertama ke Thailand untuk presiden Chile sejak pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara pada 1962.

Hal ini juga menandai tonggak penting hubungan Thailand-Chili, yang menyediakan kesempatan baik bagi kedua negara memperkuat hubungan persahabatan dan meningkatkan kerja sama di segala bidang kepentingan bersama.

Selama kunjungan, Pinera mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, bertukar pandangan tentang cara-cara untuk meningkatkan hubungan bilateral, mendorong perdagangan dan investasi, serta memperkuat kerja sama pembangunan.

Dalam hal ini, kedua pemimpin telah menyaksikan penandatanganan Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) antara Kerajaan Thailand dan Republik Chile, FTA komprehensif pertama Thailand dengan negara Amerika Latin.

Selain FTA, kedua negara akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama Teknis Trilateral dalam Pembangunan Internasional dan Letter of Intent Kerja sama Astronomical.

Presiden Chile juga bertemu dengan komunitas bisnis Thailand untuk memperkuat hubungan antara sektor swasta kedua negara.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013