Indonesia adalah mitra penting kami"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry memberi pesan jelas dan tegas kepada pers disela putaran KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, Sabtu petang, dengan mengatakan "Amerika Serikat tetap kuat."

Dalam konferensi pers perdananya setibanya di Bali, Kerry menyatakan,"Kami tetap kuat secara militer, ekonomi, energi, dan aspek lain." Semua masalah dalam negeri Amerika Serikat yang terjadi, kata dia, akan segera tuntas.

Dengan didampingi Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, dia menyatakan,"Saya berada di sini selama lima hari dan itu merupakan pernyataan pertemuan ini penting. Seluruh kegiatan saya di Asia Tenggara akan memakan waktu dua pekan." 

Presiden Obama, katanya, tidak berada di sini sehingga dia mewakili pemerintah Amerika Serikat untuk seri pertemuan KTT APEC 2013. 

Selama konferensi pers, beberapa kali Kerry yang tampil dalam setelan jas resmi hitam terbatuk hingga membelakangi mikrofon di podium. 

Dia menjawab berbagai pertanyaan pers mancanegara tentang yang terjadi di Amerika Serikat belakangan ini. Di antara yang menonjol adalah penghentian sementara operasional  pemerintahan Amerika Serikat berlandas keputusan Kongres Amerika Serikat tentang anggaran negara itu. 

Juga tentang komitmen Amerika Serikat terhadap forum APEC sementara pada sisi lain negara itu menjadi salah satu motor Trans Pacific Partnership, yang aktif mendorong liberalisasi perdagangan diberlakukan secara lebih cepat. 

Terkait pelaksanaan KTT APEC 2013, dia yakin keketuaan Indonesia dan partisipasi aktif semua anggota APEC akan memberi hasil yang baik. "Jangan lupa, sekitar dua bulan lagi akan dilaksanakan pertemuan puncak WTO di sini," katanya. 

"Indonesia adalah mitra penting kami," katanya. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013