IOSIE ini nantinya akan menjadi ajang bergengsi untuk berkompetisi di bidang ekonomi dan bisnis Islam
Kendari (ANTARA) - Sebanyak 49 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia mengikuti 15 cabang lomba dalam kegiatan International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 49 PTKIN tersebut merupakan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) yang ada di Indonesia.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag di Kendari, Jumat, mengatakan kampus IAIN Kendari akan berupaya maksimal memberikan fasilitas agar lomba dapat terlaksana dengan baik.

Lanjut, Husain Insawan, pentingnya kegiatan IOSIE ini diikuti adalah untuk mengangkat martabat ilmu ekonomi Islam di tingkat internasional.

"IOSIE ini nantinya akan menjadi ajang bergengsi untuk berkompetisi di bidang ekonomi dan bisnis Islam," katanya.

Baca juga: IAIN Kendari tuan rumah penyelenggara IOSIE 2024
Baca juga: MES Kalteng tingkatkan kolaborasi bangun ekosistem ekonomi syariah


Jenis lomba Olimpiade pada kegiatan tersebut di antaranya Karya Tulis lImiah Ekonomi Syariah, Resensi Jurnal kategori ekonomi Islam, Resensi Jurnal kategori Perbankan Syariah, Resensi Jurnal kategori Bisnis Syariah, dan Cerdas Cermat Perpajakan.

Kemudian, lomba Karya Inovasi Bisnis, Musabaqah Qira'atul Kutub, Business Plan, Pasar Modal, Stock Lab, Poster Kreatif Kampanye Ekonomi Islam, Film Pendek, Vlogging Bisnis Halal, Photography, Fashion Show dan lomba Duta AFEBIS.

Sementara itu, Dekan FEBI IAIN Kendari, Dr. Muhammad Hadi, M.HI mengaku, saat ini ada 399 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mengikuti babak penyisihan IOSIE. Dan rencananya ada delapan item lomba yang akan dilaksanakan secara luring.

"Untuk finalis lomba dengan metode luring kami umumkan hari ini , sedangkan untuk lomba daring akan diumumkan pada tanggal 7 Maret 2023 pada saat closing ceremony," ungkapnya.

Untuk diketahui, delapan item lomba luring yaitu, Karya Tulis lImiah Ekonomi Syariah, Karya Inovasi Bisnis, Musabaqah Qira'atul Kutub, Pasar Modal, Business Plan, Stock Lab, dan Fashion Show.

Lomba itu akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024 di Fakultas Ushuluddin, Adap dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari.

Baca juga: IAIN Walisongo Terus Kembangkan Kurikulum Ekonomi Syariah
Baca juga: BI proyeksikan ekonomi syariah tumbuh 4,7-5,5 persen pada 2024
Baca juga: OJK: Literasi dan inklusi keuangan syariah masih belum optimal

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024