Kendari (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE), 5-8 Maret 2024.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag di Kendari, Kamis, mengungkapkan kerja sama antara IAIN Kendari dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) untuk pelaksanaan kegiatan tahunan ini diharapkan dapat menunjang kreativitas mahasiswa dalam bidang ekonomi Islam.

Maksud kegiatan IOSIE adalah sebagai ajang silaturahim, kompetisi, dan apresiasi di tingkat internasional bagi mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) atau yang sejenisnya baik dari dalam maupun luar negeri.

"Seiring arahan Menteri Agama, IOSIE diharapkan dapat mendorong pengembangan 'world class university' dengan melibatkan pelaksanaan kegiatan internasional yang ada di kampus," ungkap rektor.

Pada kegiatan ini FEBI IAIN Kendari terpilih menjadi pelaksana kegiatan IOSIE dan dirangkaikan dengan konferensi internasional yang melibatkan juri dan pembicara dari lima negara.

Sementara itu, Dekan FEBI IAIN Kendari Dr. Muhammad Hadi, M.HI mengatakan, juri pada 15 jenis lomba olimpiade dan pembicara pada konferensi berskala internasional ini berasal dari Malaysia, Nigeria, Pakistan, Filipina dan Indonesia.

Baca juga: Dikbud Sultra beri bantuan beasiswa 55 mahasiswa IAIN Kendari

Baca juga: Rektor IAIN Kendari lawatan keluar negeri gagas KKN internasional


"Kegiatan ini juga nantinya akan menjadi wadah bagi peserta untuk mengembangkan pengetahuannya lebih dalam lagi tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam," katanya.

Jenis lomba olimpiade pada kegiatan tersebut di antaranya Karya Tulis lImiah Ekonomi Syariah, Resensi Jurnal kategori ekonomi Islam, Resensi Jurnal kategori Perbankan Syariah, Resensi Jurnal kategori Bisnis Syariah, dan Cerdas Cermat Perpajakan.

Kemudian, lomba Karya Inovasi Bisnis, Musabaqah Qira'atul Kutub, Business Plan, Pasar Modal, Stock Lab, Poster Kreatif Kampanye Ekonomi Islam, Film Pendek, Vlogging Bisnis Halal, Photography, Fashion Show dan lomba Duta AFEBIS.

Ia juga menambahkan, babak penyisihan IOSIE sudah dimulai sejak 26 Februari 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat menaikkan peningkatan akreditasi Program Studi di FEBI IAIN Kendari.

"Jadi, untuk pelaksanaan babak final kegiatan lomba dan konferensi akan dijadwalkan pada Maret," tambahnya.

IOSIE pertama kali digelar pada 2023 di UIN Raden Mas Said Surakarta. Tahun ini FEBI IAIN Kendari terpilih sebagai penyelenggara dengan total peserta sekitar 1.206 orang dari delapan negara yaitu Indonesia, Australia, Thailand, Malaysia, Filiphina, Turki, Mesir,dan Inggris.
 
Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag (tengaH atas) saat rapat dalam rangka persiapan IOSIE yang berlangsung pada 5-8 Maret 2024 di Kendari. ANTARA/HO-Humas IAIN Kendari



Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024