Kendari (ANTARA) - Sebanyak sembilan orang dosen Institut Agama islam negeri (IAIN) Kendari resmi terdaftar sebagai Bakal Calon Rektor (Bacalon) kampus setempat periode 2022-2027.

"Para pendaftar bakal calon orang nomor satu di IAIN Kendari ini seluruhnya berasal dari kalangan internal," kata Ketua Panitia penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Kendari Dr H Moh Junaidin, M.A, di Kendari, Sabtu.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menerima berkas pendaftaran Bacalon Rektor dan melakukan verifikasi kelengkapan berkas sesuai dengan persyaratan yang telah diumumkan secara terbuka pada website resmi IAIN Kendari.

Baca juga: IAIN Kendari nominasi terbaik penyelenggara KKN PTKIN se-Indonesia

Ia mengatakan pengumuman mekanisme dan persyaratan pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2022, sedangkan masa pendaftaran ditetapkan selama 15 hari terhitung sejak 16 Desember sampai dengan 30 Desember 2022.

"Kami mengapresiasi partisipasi dari para dosen yang telah berkomitmen untuk mengabdikan diri dalam memajukan IAIN Kendari di masa mendatang. Tingginya partisipasi dosen pada perhelatan empat tahunan ini menunjukkan bahwa demokrasi berjalan dengan baik dengan dilandasi semangat kebersamaan dan persaudaraan," katanya.

Menurut Kepala Biro AUAK IAIN Kendari ini, pihaknya akan bersikap objektif dalam menjalankan tugas, terutama pada tahapan verifikasi keabsahan berkas yang akan berlangsung sampai tanggal 4 Januari 2023.

"Setelah melakukan verifikasi, panitia akan mengumumkan bakal calon rektor yang memenuhi syarat untuk mendapatkan penilaian kualitatif dari Senat Institut," katanya.

Baca juga: IAIN Kendari buka pendaftaran beasiswa sarjana internasional

Baca juga: Ratusan mahasiswa IAIN Kendari dibantu beasiswa Pemkab Bombana


Untuk diketahui, Panitia Penjaringan Bacalon Rektor IAIN Kendari ditunjuk berdasarkan SK Rektor Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd Nomor 0354.1 tentang Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Kendari Periode 2023-2027 tertanggal 8 Desember 2022. Mereka dinilai kompeten dan profesional serta tidak memiliki kepentingan pribadi terhadap salah satu bakal calon.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Panitia Penjaringan, berikut ini sembilan Bakal Calon Rektor yang diurut berdasarkan waktu pendaftaran :
Dr. Husain Insawan, M.Ag
Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd
Dr. Abbas, M.A
Dr. H. Abdul Kadir, M.Pd
Dr. Asliah Zainal, M.A
Dr. Ashadi L. Diab
Dr. Masdin, M.Pd
Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag
Dr. Kamaruddin, M.H

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022