Tahun 2023 ini ada tiga Universitas yang menerima beasiswa seluruhnya 167 orang
Kendari (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjalin kerja sama dengan memberi bantuan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu namun dari segi akademiknya berprestasi.

"Jadi program bantuan beasiswa itu merupakan program unggulan Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, untuk tiga universitas negeri yang ada di Sultra," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Yusmin di Kendari, Selasa.

Sebelumnya, kata Yusmin, Dikbud Sultra juga memberi bantuan beasiswa kepada 55 mahasiswa pada Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka, dan Univrsitas Halauoleo (UHO) sebanyak 57 orang.

Bantuan beasiswa bagi 55 mahasiswa IAIN Kendari itu ditandai dengan penandatanganan Kerja sama antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Yusmin dan Rektor IAIN Kendari, Husain Insawan di Kantor Dikbud Sultra.

Mantan Karo Kesra Setda Provisi Sultra itu menjelaskan, bantuan pendidikan atau beasiswa tersebut merupakan program dari Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

Dia menjelaskan, untuk penerima bantuan pendidikan akan ditentukan oleh masing-masing universitas, guna menghindari data yang tidak valid.

Nantinya, masing-masing penerima beasiswa akan menerima bantuan sebesar Rp7,5 juta, dan akan masuk ke rekening pribadi para penerima.

"Tahun 2023 ini ada tiga Universitas yang menerima beasiswa seluruhnya 167 orang. Yakni USN Kolaka 55 orang, IAIN Kendari 55 orang, dan Universitas Haluoleo 57 orang mahasiswa," kata Yusmin.

Dia menambahkan, setelah selesai penandatanganan ini bantuan akan langsung diproses dan disalurkan dalam waktu dekat.

Sementara itu Rektor IAIN Kendari, Husain Insawan menyambut baik bantuan beasiswa yang diberikan oleh Pemprov Sultra tersebut.

"Selaku yang mendapatkan beasiswa ini tentu ini sangat bernilai positif karena akan membantu kebutuhan akademik mahasiswa. Dengan nilai Rp7,5 juta tersebut, itu sangat baik sangat fantastis lah bagi mahasiswa," katanya.

Dia juga sangat mendukung bahwa program ini tentu sangat diharapkan.

Selain itu IAIN Kendari menyodorkan nama-nama penerima yang sudah memenuhi syarat, yakni mereka yang berprestasi namun lemah dari sisi ekonomi.

"Kami tentu menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak PJ gubernur dan Pak Kadis yang telah memfasilitasi pemberian dan penyaluran mahasiswa ini. By Name by adres, jadi akan masuk langsung ke rekening masing-masing mahasiswa," kata  Rektor IAIN.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023