Telkom (PT Telkom Indonesia) sebagai BUMN telekomunikasi mengemban tugas untuk menghadirkan layanan konektivitas dan layanan digital yang andal...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembangunan Telkom Smart Office (TSO) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi hub telekomunikasi di Indonesia.

Erick menyampaikan, IKN merupakan salah satu monumen terwujudnya Indonesia maju dan modern, khususnya pada infrastruktur dasar seperti telekomunikasi, perbankan, transportasi, dan lainnya

"Telkom (PT Telkom Indonesia) sebagai BUMN telekomunikasi mengemban tugas untuk menghadirkan layanan konektivitas dan layanan digital yang andal, terhubung ke seluruh Indonesia dan menjadikan IKN sebagai hub telekomunikasi nusantara sedini mungkin," ujar Erick melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Presiden "groundbreaking" kantor Telkom dukung kota pintar di IKN

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, digitalisasi bukan sekadar suatu kebutuhan, tetapi menjadi katalisator utama dalam mendorong kemajuan perekonomian nasional.

Peletakan batu pertama atau groundbreaking Telkom Smart Office IKN yang berlangsung di IKN, Kalimantan Timur, pada Jumat (1/3), merupakan wujud dukungan Telkom dalam mengembangkan ekosistem digital di wilayah IKN.

TelkomGroup memiliki komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan IKN dengan infrastruktur digital yang lengkap, baik digital connectivity, digital platform, dan digital services.

"Telkom meyakini pembangunan IKN bukan sekedar memindahkan pusat administrasi pemerintahan, melainkan tentang menjadikan IKN sebagai role model pembangunan kota dan mempercepat langkah transformasi ekonomi nasional. Untuk itu, Telkom mendukung pembangunan world-class ICT di IKN dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak," kata Ririek.

Baca juga: Telkomsel dan Telkom kenalkan solusi digital korporasi dan industri

Pada aspek digital connectivity, Telkom menyediakan infrastruktur konektivitas yang andal dengan backbone fiber optik dan jaringan akses yang luas, berbasis fixed broadband, seluler 4G dan 5G Telkomsel, satelit, dan WiFi.

Telkom juga menyediakan Digital Platform yang dapat yang dapat menjadi enabler digitalisasi di IKN melalui penyediaan data center, layanan cloud computing, cyber security, dan Internet-of Things (IoT). Selain itu, Telkom mendukung layanan dan aplikasi smart city, e-government, dan layanan publik digital.

Ririek menyampaikan, pada pembangunan tahap 1, didirikan Shelter TSO, merupakan pembangunan hub yang menghubungkan seluruh layanan telekomunikasi di IKN dengan target operasi di Juli 2024.

Hub ini akan mengamankan berbagai kebutuhan layanan telekomunikasi di IKN, salah satunya untuk mendukung penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI.

Selanjutnya pada tahap 2, pembangunan TSO Ultimate merupakan tahapan pembangunan gedung berikut dengan fasilitas yang lebih lengkap yang akan dimanfaatkan sebagai kantor TelkomGroup serta sebagai pusat kegiatan yang akan menjadi kunci penghubung digital di kawasan IKN KIPP 1A.

"Groundbreaking TSO IKN pada hari ini merupakan sebuah momen penting dalam perjalanan TelkomGroup. Pembangunan TSO IKN ini merupakan bukti dari dedikasi kami untuk masyarakat, pemerintah, bangsa, dan negara," ucap Ririek.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024