Medan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok BBM dan avtur di Sumatra Utara aman selama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024 berlangsung pada 2-3 Maret di Balige, Kabupaten Toba.

"Kami memastikan dan menjamin stok dan distribusi BBM dan avtur aman di Sumut terutama di wilayah penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat," ujar Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut Susanto August Satria di Medan, Jumat.

Di Sumut, sampai Jumat (1/3), Pertamina Patra Niaga mencatat ada stok Biosolar sebanyak 36.532 kiloliter dan Pertalite 46.530 kiloliter.

Kemudian, Pertamax Turbo tersedia 1.251 kiloliter, Pertamax 390 kiloliter dan Dex Series 2.373 kiloliter.

Selain itu, untuk avtur, ada stok 13.091 kiloliter di Sumut. Stok berjalan avtur tersebut masih dalam keadaan lebih dari cukup yakni selama 20 hari.

"Stok BBM dan avtur ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan stok yang sedang berjalan dari kapal tanker," kata Susanto.

Baca juga: Polda Sumut turunkan 40 personel medis di F1 Powerboat

Ia melanjutkan, semua sarana dan fasilitas Fuel Terminal, depot pengisian pesawat udara (DPPU) dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) beroperasi secara normal dan optimal dalam mengantisipasi peningkatan konsumsi energi di masyarakat.

"Melalui Fuel Terminal Medan Group, DPPU Kualanamu dan DPPU Silangit, Pertamina Patra Niaga telah siap memenuhi kebutuhan konsumen maskapai penerbangan terutama selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat 2024," tutur Susanto.

Adapun PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyediakan 30 ribu liter BBM jenis Pertamax Turbo RON 98 untuk digunakan sebagai bahan bakar peserta di Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024.

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat pada 2-3 Maret 2024 menjadi penyelenggaraan kedua di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Toba, setelah sebelumnya kompetisi tersebut berlangsung di lokasi yang sama pada 24-26 Februari 2023.

Baca juga: Bila cuaca buruk, InJourney sebut keputusan ada di F1H2O Racing

Ketika itu, pelaksanaannya dinilai sukses dan peserta dari berbagai negara sempat mengutarakan kekaguman mereka akan Danau Toba.

Pada 2024, Kejuaraan Dunia F1 Powerboat digelar di beberapa negara. Selain Indonesia, perlombaan tersebut dilaksanakan pula di Vietnam, Italia, China dan Uni Emirat Arab.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024