Nagan Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mengerahkan tim guna menelusuri penyebab matinya seekor gajah Sumatera dewasa di sekitar aliran sungai di kawasan Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan.

“Temuan gajah mati menjadi perhatian serius pemerintah daerah," kata Plt Camat Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Koko Fenna Loza, yang dikonfirmasi ANTARA di Suka Makmue, Jumat sore.

Ia mengatakan, kasus temuan gajah mati tersebut juga telah dilaporkan kepada pihak kepolisian guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Menurut dia, temuan matinya seekor gajah Sumatera tersebut diketahui oleh warga saat melintasi aliran sungai di kawasan Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, pada Jumat siang.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak kecamatan, sehingga informasi ini disampaikan kepada pimpinan daerah dan pihak terkait lainnya guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Koko mengatakan pemerintah daerah mengerahkan tim ke lokasi sebagai upaya untuk mengetahui penyebab matinya satwa liar yang dilindungi oleh negara itu, sekaligus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak guna melakukan langkah selanjutnya.

Koko Fenna Loza mengatakan sejauh ini pihaknya belum mengetahui penyebab matinya gajah tersebut dan masih menunggu penyelidikan pihak kepolisian.

Baca juga: Gajah sumatra ditemukan terluka di Aceh Timur

Baca juga: Rusak kebun warga, BKSDA Jambi halau kawanan gajah liar masuk ke TNBT

Baca juga: KLHK umumkan kelahiran anak gajah baru di Taman Nasional Way Kambas

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024