Kami berharap inovasi yang lahir dari JR-Rovation ini dapat berkontribusi signifikan dalam upaya nasional kita untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas sekaligus membangun kesadaran dan kepedulian di kalangan masyarakat luas
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Raharja menyelenggarakan program Jasa Raharja Road Safety Innovation (JR-Rovation) untuk memfasilitasi dan mendorong mahasiswa menciptakan berbagai inovasi terkait keselamatan berlalu lintas.

“Kami berharap inovasi yang lahir dari JR-Rovation ini dapat berkontribusi signifikan dalam upaya nasional kita untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas sekaligus membangun kesadaran dan kepedulian di kalangan masyarakat luas,” ujar Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang di Jakarta, Jumat.

Dia menuturkan bahwa program JR-Rovation menerapkan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, universitas, industri, masyarakat, dan media, untuk menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi dalam keselamatan di jalan raya.

Selain itu, program ini juga mengimplementasikan prinsip triple bottom line yang berfokus pada penciptaan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan melalui inovasi.

Munadi menyatakan bahwa hal tersebut menunjukkan komitmen pihaknya terhadap keselamatan masyarakat serta pembangunan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Ia pun berharap peserta program dapat menciptakan solusi inovatif yang tidak hanya efektif dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, tetapi juga menumbuhkan kepedulian terhadap masyarakat.

Program yang tahun ini dilaksanakan untuk ketiga kalinya tersebut terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu Science Innovation dan Social Innovation. Terdapat 10 finalis yang berasal dari 8 universitas pada masing-masing kategori.

Program ini juga menjadi momen pengukuhan ketua dan pengurus kelompok mahasiswa yang berdedikasi untuk mempromosikan keselamatan jalan raya di kalangan masyarakat bernama Road Safety Ranger Z sebagai upaya untuk memperkuat partisipasi aktif generasi muda dalam menjaga keselamatan berlalu lintas.

Baca juga: Jasa Raharja santuni 152.243 korban kecelakaan sepanjang tahun 2023

Baca juga: Jasa Raharja gandeng guru bangun keselamatan berlalu lintas ke siswa

Baca juga: Korlantas Polri dan Jasa Raharja bantu penyintas lakalantas


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024