Chon Buri (ANTARA News) - Hujan terus menerus Jumat malam dan air pasang tinggi telah menyebabkan banjir di provinsi timur Chon Buri, Thailand, di mana jalan dan rumah-rumah tergenang air setinggi 50 cm.

Beberapa jalan tidak bisa dilewati kendaraan-kendaraan kecil, sementara banyak mobil tergelincir di Jalan Sukhumvit karena banjir. Tidak ada laporan tentang adanya korban cedera.

Pihak berwenang di kota-kota Sriracha, Bang Phra, Huai Kapi, Chao Phraya Surasak, dan Ang Sila menggunakan pompa air untuk mengalirkan air sementara warga setempat memperingatkan tingkat yang lebih tinggi dari air banjir itu.

Di provinsi timur laut Buri Ram, hujan deras selama dua-tiga hari terakhir telah disebabkan limpasan hutan dari pegunungan Phnom Dong Rak membanjiri jalan raya nomor 224 jalur Ban Kruat-Lahan Sai dan memotong jalan selama tiga meter.

Setidaknya dua mobil telah jatuh di jalan, meskipun tidak ada laporan tentang adanya korban cedera. Pihak berwenang di Kabupaten Kruat Ban telah melarang penggunaan jalan dan pengendara disarankan menggunakan rute lain.

Tingkat air di Sungai Mun di Ubon Ratchathani masih tinggi dan meluap membanjiri rumah-rumah tepi sungai, namun tingkat air terlihat menurun sebesar satu-dua cm.

Daerah yang lebih rendah di ibu kota provinsi dan Warin Chamrap tergenang tapi itu diharapkan situasi akan kembali normal dalam waktu dua-tiga pekan.

Sementara warga hilir Bendungan Chonlasit Pasak yang diperkuat untuk lebih banyak menampung air pada saat bendungan telah melebihi kapasitas maksimum dan air harus dibebaskan.

Boonchob Homkesorn, direktur Proyek Pemeliharaan Air Pasak Selatan mengatakan bahwa Dam Pasak Chonlasit memuat 1,249 miliar meter kubik air, di atas kapasitas maksimum 960 juta meter kubik. Bendungan akan mengalirkan debit air untuk mengurangi tingkat air.

Dia telah memperingatkan warga di Tha Ruea, Nakhon Luang dan ibu kota Provinsi Ayutthaya harus siap untuk tingkat air yang lebih tinggi dari satu meter, demikian OANA.
(H-AK/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013