Jakarta (ANTARA) - Akhir pekan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu khususnya oleh warga Jakarta setelah bekerja dan melakukan padatnya aktivitas.

Bagi Anda yang masih bingung untuk menghabiskan akhir pekan ini, berikut rekomendasi wisata dan acara yang bisa dikunjungi pada 2-3 Maret 2024.


1. Festival Makan Receh
Pecinta kuliner patut mengunjungi Festival Makan Receh yang diselenggarakan di Senayan Park, Jakarta Pusat, pada 2-3 Maret 2024. Festival kuliner ini akan memanjakan lidah pengunjung dengan ragam jajanan viral dan legendaris dari berbagai daerah.

Selain kuliner, festival ini juga diramaikan oleh penampilan band RAN dan penampil lainnya.


2. Pertunjukan tari hingga air mancur menari di TMII
Untuk Anda yang kebetulan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bisa merapat ke Plaza Promenade di depan anjungan D.I Yogyakarta untuk bisa menyaksikan air mancur menari.

Anda bisa menyaksikan pertunjukan tersebut selama tiga kali, yakni pukul 10.00, 13.00 dan 16.00 WIB.

Kemudian pada sore hari jika anda berada di pusat Jakarta, Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari "Medium" dan Lengger Banyumasan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia pukul 15.00 dan 19.00 WIB.


3. Talkshow dan lokakarya
Anda yang ingin mempelajari seni dan budaya Indonesia dapat mengunjungi Museum Mandiri. Pada Sabtu, Museum Mandiri menggelar "workshop" membatik pukul 10.00 WIB.

Kemudian untuk mempelajari seni kain tradisional Indonesia atau wastra, Anda bisa singgah ke Museum Tekstil karena ada "talkshow" bertajuk "Menyingkap Pesona Wastra Indonesia" yang dimulai pukul 09.30-14.00 WIB.


4. Pameran Inacraft dan furnitur
Sebagai acara rutin tahunan, pameran Inacraft menjadi agenda wisata akhir pekan yang tidak boleh diabaikan. Pameran yang diikuti oleh 1.500 UMKM ini menampilkan berbagai produk kerajinan tangan dari perajin lokal, seperti batik, tenun, sepatu, perlengkapan perjalanan, juga fesyen, dan bordir.

Pameran Inacraft bertempat di JCC Senayan ini dibuka untuk umum pada pukul 10.00-21.00 WIB dengan tiket masuk Rp25.000 yang dapat dibeli melalui pra registrasi dan tiket "box" langsung di arena pameran.

Selain Inacraft, Anda yang sedang mencari furnitur dan dekorasi rumah, Indonesia International Furniture Expo di JI Expo Kemayoran bisa menjadi alternatif untuk menambah referensi. Pameran ini digelar sejak 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

5. Bazar The Local Market
The Local Market–Spring Edition yang juga menjadi acara tahunan akan dilaksanakan pada 1-3 Maret 2024 di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 100 perajin lokal berbagai jenis industri kerajinan dan produk "handmade", serta diramaikan oleh penampilan seni budaya lewat tarian dan alunan musik gamelan dan musisi lokal.

Pengunjung yang ingin hadir ke The Local Market di kawasan Kota Peruri Jalan Palatehan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dapat masuk melalui M Bloc Space.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024