Jakarta (ANTARA News) - Wibowo (43) asal Ponorogo mengaku tertarik dengan sepeda onthel sejak kecil.

Ketika seorang teman menawarkan sepeda onthel buatan Inggris, Wibowo merogoh kocek seharga tiga juta rupiah untuk menebus sepeda itu.

"Membuka kenangan, Bung Karno aja dulu pake sepeda onthel," kata Wibowo.

Sudah lebih dari lima tahun pria itu menggunakan onthelnya ke tempat kerja atau berkeliling Jakarta.

Widodo berprofesi sebagai penggambar poster di kawasan Pancoran dan Monas. Sehari-hari dia berpakaian unik menggunakan pakaian ala Presiden Soekarno.

Wibowo mengaku sengaja sehari-hari menggunakan sepeda onthel beserta pakaian ala Bung Karno supaya masyarakat ingat sejarah.

"Dengan pakai sepeda ini kita semangati anak muda, ada perjalanan Indonesia dari benda bersejarah," kata Wibowo. yang tinggal di kawasan Pancoran.

Dua kali sebulan, setiap kali ada car free day di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin, Wibowo berkumpul dengan sesama pecinta onthel.

Wibowo mengaku kan terus beraktifitas menggunakan sepeda onthel meskipun dia mengakui sudah tidak sanggup mengikuti acara beberapa komunitas yang bersepeda ke luar kota seperti ke Bogor hingga Semarang.

Satu hal lagi yang membuatnya suka sepeda onthel "naik sepeda onthel ibarat spion, sebelum maju ke depan lihat dulu ke belakang."

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013