London (ANTARA News) - Jack Wilshere membawa Arsenal kembali ke puncak klasemen Liga Utama Inggris melalui gol penyama kedudukan di babak kedua, pada pertandingan menghibur yang berakhir dengan skor 1-1 di markas West Bromwich Albion pada Minggu.

Berupaya untuk menindak lanjuti kemenangan mengejutkan akhir pekan lalu di markas Manchester United, West Brom unggul terlebih dahulu pada menit ke-42 di The Hawthorns ketika Claudio Yakob mengonversi umpan silang Morgan Amalfitano dari sayap kanan untuk ditanduk ke tiang dekat.

Mantan penyerang Arsenal Nicolas Anelka menyia-nyiakan dua peluang bagus untuk menggandakan keunggulan tuan rumah, gagal memaksimalkan sodoran umpan silang mendatar dari Saido Berahino dan kemudian sepakannya melebar saat ia hanya tinggal menaklukkan Wojciech Szczesny.

Ia harus membayar atas pemborosannya itu pada menit ke-63, ketika Wilshere meneruskan umpan Tomas Rosicky dengan sepakan yang berubah arah karena mengenai Jonas Olsson dan melewati kiper Boaz Myhill.

Myhill menggagalkan Olivier Giroud mencetak gol kemenangan pada fas eakhir pertandingan, namun hasil imbang ini sudah cukup untuk membawa pasukan Arsene Wenger menggeser Liverpool berkat keunggulan selisih gol, sedangkan West Brom yang dilatih Steve Clarke tetap menghuni peringkat ke-12.

Tottenham Hotspur dapat menyamai koleksi nilai mereka dengan sang pemuncak klasemen, namun mereka justru takluk 0-3 dari tamunya sesama tim London West Ham United.

Setelah babak pertama yang berlangsung kurang menarik, Spurs tertinggal ketika Winston Reid membawa West Ham unggul pada menit ke-66, dengan menghantam bola setelah Kevin Nolan scara kebetulan memblok tandukannya.

Ricardo Vaz te menambahi gol kedua enam menit kemudian, ketika bola memantul mengenai pahanya dan menuju ke gawang setelah Hugo Lloris memblok upaya pertamanya, sebelum Ravel Morrison menggenapi kemenangan timnya dengan golnya.

Hasil ini membawa Spurs menghuni peringkat keenam, tertinggal tiga angka dari Arsenal dan Liverpool, sedangkan West Ham melompat meninggalkan posisi tiga terbawah untuk menduduki peringkat ke-13.

Sebelumnya, Eden Hazard dan Willian tampil sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol ketika Chelsea menang 3-1 di markas Norwich City pada Minggu, sehingga mereka dapat naik ke peringkat ketiga di klasemen Liga Utama Inggris.

Tim tamu membuka keunggulan pada menit keempat ketika Oscar menyarangkan bola dari operan Demba Ba, namun Norwich segera mengambil kendali permainan di sore yang cerah di Carrow Road, demikian AFP.
(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013