Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 40 pesepeda akan menyusur rute pulau Jawa-Lombok untuk menggalang donasi 1.500 guru dalam kegiatan bertajuk Lombok Charity Ride 2024.

Acara yang digagas Komunitas Sepeda Green Fly Jakarta tersebut akan melakukan perjalanan sejauh 1.500 kilometer untuk menggalang donasi yang diberikan kepada 1.500 guru di Lombok Utara.

"Menjadi fund racer untuk menggalang dana bersama-sama bersepeda dari Jakarta menuju Lombok Utara sejauh 1.500 km dan nanti rencananya akan diadakan tanggal 25 Mei sampai 1 Juni 2024," kata Ketua Panitia Lombok Charity Ride 2024, Adrie Evril dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Sebanyak 40 pesepeda handal yang terdiri dari atlet sepeda profesional, influencer, sport enthusiast akan mengambil bagian dalam perjalanan bersepeda sejauh 1500 KM selama total 8 hari.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh ISSI Pengprov DKI dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara. Start acara dimulai di Jakarta pada tanggal 25 Mei, kemudian pesepeda akan menyusuri pulau Jawa dan Bali kemudian menyeberang ke Pulau Lombok untuk finish di Kantor Bupati Lombok Utara pada tanggal 1 Juni.

Adrie menguraikan tujuan utama dari kegiatan ini adalah menggalang dana untuk mendukung program pelatihan 1.500 guru dan kepala sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara yang telah dijalankan oleh Perkumpulan IOA sekaligus menggaungkan kepedulian akan pentingnya kebangkitan pendidikan yang berkualitas, ekonomi yang kuat dan destinasi pariwisata kelas dunia di Lombok Utara.

"Tujuan dari perjalanan ini tidak sekedar bersepeda, tidak sekedar challenging tidak sekedar mencari jarak, tetapi yang penting adalah bahwa kita mencari dana," ujar Adrie.

Usai di tahun 2023 gelaran Lombok Charity Ride memperoleh dana bantuan 1 miliar Rupiah, pada ajang yang digelar untuk kedua kalinya ini ditargetkan mampu hingga menembus 1 miliar Rupiah.

Baca juga: Komunitas pesepeda RI di London sambangi kota Oxford untuk galang dana
Baca juga: Tour of Kemala 2023 promosikan wisata Banyuwangi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024