Topan Fitow terjang China Timur

Topan Fitow terjang China Timur

Ilustrasi (REUTERS/Lucas Jackson )

Fuzhou (ANTARA News) - Topan Fitow menerjang Provinsi Fujian, China Timur, pada Senin dini hari dengan angin berkecepatan 151 kilometer per jam, kata Pusat Mateorologi Nasional.

Fitow, topan ke-23 yang menerjang China tahun ini, memasuki daratan di Kota Praja Shacheng, Kota Fuding, sekitar pukul 01.15 waktu setempat, Senin.

Topan itu diperkirakan bergerak terus ke arah barat-laut tapi melemah dengan cepat, kata pusat itu. Siaga merah, tanda peringatan paling tinggi, dikeluarkan buat Topan Fitow pada Minggu.

Kota besar seperti Fuzhou dan Sanming di Fujian diramalkan menghadapi hujan lebih dari 200 milimeter mulai Minggu malam sampai Senin pagi waktu setempat, kata dinas pemantau banjir Fujian.

Akibat topan tersebut, pasokan listrik terputus di Kabupaten Taishun, Provinsi Zhejiang, pada pukul 23.00 waktu setempat, Minggu. Pemadaman listrik juga terjadi di banyak kota praja di Kabupaten Cangnan, Wencheng, Pingyang dan Dongtou di Zhejiang.

Mao Fanggui, Direktur Kantor Darurat di Kabupaten Taishun, mengatakan hujan lebat mengguyur kabupaten itu dan listrik juga padam di kebanyakan kota praja di kabupaten tersebut, demikian laporan Xinhua.

Seorang anak lelaki di Kabupaten Cangnan cedera di perut terkena pecahan kaca akibat angin kencang. Ia diobati oleh para dokter.

Hujan badai dan angin kencang dengan kecepatan 201 kilometer per jam menerjang Kabupaten Cangnan dan Kota Praja Pulau Naji, dan beberapa rumah ambruk di kabupaten tersebut, kata markas pemantau banjir Wenzhou.

Hingga pukul 18.00 waktu setempat, Minggu, sebanyak 574.000 orang diungsikan dan 35.795 kapal kembali ke pelabuhan untuk berlindung, kata Markas Bantuan Kemarau dan Pemantau Banjir Provinsi Zhejiang.

Di Fujian, 177.000 orang meninggalkan tempat tinggal mereka dan hampir 30.000 kapal penangkap ikan kembali ke pelabuhan.

Topan itu telah mengakibatkan dihentikannya layanan kereta peluru di beberapa kota besar di Zhejiang, Fujian dan Jiangxi serta menghentikan layanan untuk sedikitnya 35 jalur yang melewati kota besar di jalur topan, termasuk layanan antara Beijing dan Nanjing, Shanghai, Ningbo, Fuzhou dan Xiamen.

Bandar Udara Wenzhou, bandar udara penting di Provinsi Zhejiang, membatalkan 27 penerbangan pada Minggu, termasuk penerbangan ke Beijing, Guangzhou, Shanghai dan Kunming.

Layanan bus antara Shanghai dan Wenzhou juga dihentikan. Dinas kelautan di Fujian dan Zhejiang telah menutup pusat pemandian pantai dan instalasi lain hiburan di pantai.



Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Tim penyelamat evakuasi 10 jasad korban ledakan tambang emas di China timur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar