Paling lambat pukul 14.30 WIB sore ini, surat dari Fraksi Partai Demokrat akan masuk ke pimpinan DPR.
Jakarta (ANTARA News) - Fraksi Partai Demokrat menyatakan akan segera mengajukan nama baru sebagai calon ketua komisi III pengganti Ruhut Sitompul kepada pimpinan DPR pasca pengunduran diri Ruhut dari pencalonan ketua komisi.

"Kami atas nama Fraksi Partai Demokrat meminta pada forum ini untuk memberikan waktu. Ada nama baru yang akan segera kami usulkan menjadi calon ketua komisi III," kata Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Partai Demokrat di Komisi III, Edy Ramli Sitanggang, di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai Ruhut Sitompul menyatakan penguduran diri dari pencalonan ketua komisi dalam rapat pemilihan dan penetapan ketua komisi III di Gedung Nusantara II DPR.

Edy menyampaikan bahwa Fraksi Demokrat akan segera mengirimkan surat pengajuan nama baru untuk calon ketua komisi III kepada pimpinan DPR Senin sore ini.

"Paling lambat pukul 14.30 WIB sore ini, surat dari Fraksi Partai Demokrat akan masuk ke pimpinan DPR," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya akan mengirimkan surat tersebut setelah menyampaikan kepada partai mengenai segala hal yang terjadi di Komisi III terkait pemilihan dan penetapan Ketua Komisi III.

"Surat akan dikirimkan setelah kami sampaikan kepada DPP (Dewan Pimpinan Pusat,red) melalui fraksi mengenai dinamika yang terjadi di Komisi III," katanya.

Pada kesempatan itu, Edy mewakili Fraksi PD menyatakan penghargaan atas keputusan pengunduran diri yang disampaikan Ruhut Sitompul.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin rapat tersebut menyatakan pimpinan DPR akan menunda proses pemilihan dan penetapan ketua komisi III sebelum menerima surat resmi dari Fraksi Partai Demokrat terkait calon baru yang akan diajukan.

"Kami pimpinan DPR menunggu surat resmi dari pimpinan Fraksi Demokrat untuk calon Ketua Komisi III yang baru berhubungan dengan pengunduran diri Pak Ruhut," katanya.

Dengan demikian, Priyo pun menyatakan selama masa tunggu itu, Gede Pasek Suardika masih menjabat sebagai ketua komisi III DPR.

"Kami pimpinan DPR belum terima surat yang lain dari Fraksi Demokrat mengenai calon baru maka selama masa tunggu ini saudara Gede Pasek Surdika dengan segala perkembangan terakhir ini masih tetap menjadi ketua komisi III," ujarnya.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013