Ambon (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon membuka pelayanan kesehatan 24 jam bagi warga di Dusun Talaga Pange dan Dusun Bandari, Desa Rumah Tiga, Kota Ambon.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi Satgas TMMD kepada kesejahteraan warga sekitar,” ucap Dansatgas TMMD Ke-119 Letkol Inf Leo Octavianus MS dalam keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

Baca juga: TNI gelar aksi bersih sungai dan permukiman warga di Kota Ambon

Menurut Leo, kegiatan itu juga dilakukan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada warga di lokasi penyelenggaraan TMMD Ke-119 di Kota Ambon.

Sementara itu, perwakilan tim kesehatan Satgas TMMD ke-19 Kodim/1504 Ambon Serda Yadi mengatakan bahwa tim kesehatan menyediakan berbagai macam obat umum seperti vitamin, obat diare, obat maag, obat gatal, obat sakit gigi, antinyeri serta menyiapkan peralatan luka seperti plester luka, betadine, alkohol untuk melakukan pemeriksaan dan pertolongan pertama pada pasien yang datang.

Baca juga: Lantamal IX Ambon edukasi mahasiswa terkait kesehatan berbasis bahari

“Tim kesehatan ini sebagai bentuk pertolongan pertama, jika pasien sakit tidak dapat diatasi, secara langsung kami akan rujuk ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lanjutan,” katanya menjelaskan.

Petugas kesehatan TMMD 119 Ambon melakukan pemeriksaan tekanan darah pada pasien (ANTARA/HO-Pendim 1504 Ambon)
Ia berharap kehadiran tim kesehatan Satgas TMMD Ke-119 di Dusun Talaga Pange dan Dusun Bandari dapat membawa manfaat bagi personel Satgas TMMD dan masyarakat.

Selain membuka pelayanan kesehatan 24 jam, Satgas TMMD Kodim 1504 Ambon juga melakukan kegiatan fisik yaitu pembuatan saluran drainase dengan panjang 300 meter di RT. 001 RW. 016, pembuatan saluran drainase dengan panjang 175 meter di RT. 003 RW. 016, pembangunan MCK dan pipanisasi di RT. 003 RW. 016, pengecatan gedung balai di RT. 003 RW. 016, dan pembangunan rumah tidak layak huni di RT. 001 RW. 016.

Baca juga: TNI gelar penyuluhan kesehatan anak guna tekan stunting di Maluku

Selanjutnya, untuk kegiatan nonfisik yang dilakukan meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, penyuluhan pembinaan masyarakat tentang tanggap bencana.

Kemudian penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan bahaya minuman keras dan narkoba, penyuluhan KB dan kesehatan, dan penyuluhan stunting, posyandu, dan Posbindu Pattimura.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024