Kami senang blu dapat dipercaya menjadi mitra sobatblu dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari
Jakarta (ANTARA) - Blu by BCA Digital (blu), salah satu bank digital dari BCA Group membukukan laba bersih sebesar Rp46,04 miliar pada 2023.

Selain itu, perusahaan juga mencatatkan adanya pertumbuhan nasabah sebesar 53,4 persen atau berdasarkan jumlah nasabah saat ini telah mencapai lebih dari 1,7 juta nasabah.

“Kami senang blu dapat dipercaya menjadi mitra sobatblu dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari,” kata Head of Corporate Planning BCA Digital Yoga Halim di Jakarta, Minggu.

Dukungan blu kepada para nasabah dalam mencapai kedewasaan finansial diwujudkan salah satunya melalui komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Setidaknya, blu mencatat pertumbuhan literasi nasabah lewat inisitaif kelas edukasi bluAcademy yang telah diikuti oleh lebih 3.500 peserta, di mana hampir 40 persen peserta mengatakan telah mendapatkan literasi keuangan yang dibutuhkan.

Baca juga: Ekonom: Media turut pengaruhi manajemen keuangan milenial dan gen z 

Baca juga: Blu dan Talenta Nusantara kolaborasi dukung anak muda pintar finansial

Yoga mengklaim inklusi keuangan nasabah blu tercatat meningkat di sepanjang tahun 2023. Hal itu ditunjukkan dari jumlah frekuensi transaksi sebanyak 73,7 juta kali year to date (ytd), dan jumlah volume transaksi sebesar Rp181,9 triliun yang mengalami pertumbuhan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan volume tersebut juga terlihat dari peningkatan kegiatan transaksi, mulai dari transaksi transfer yang naik 215 persen, pembayaran menggunakan QRIS yang tumbuh lebih dari 367 persen dan transaksi topup uang digital (e-money) yang tumbuh 282 persen.

Peningkatan keseluruhan itu tak lain didukung oleh hadirnya berbagai produk dan fitur terbaru yang mendukung kebutuhan transaksi keuangan para nasabah untuk meraih kedewasaan finansial.

Di antaranya peluncuran kartu blueDebit Card untuk melengkapi kebutuhan transaksi para nasabah, dan bluInvest yang bekerja sama dengan mitra investasi Moduit dan FUNDtastic. Di samping itu, perusahaan juga menyediakan fitur bluInsurance yang bekerja sama dengan BCA Life.

Kemudian, ada bluBisnis untuk mendukung transaksi bisnis sobatblu, pengajuan pinjaman melalui bluExtra Cash, bayar tagihan PLN, PDAM hingga BPJS dan top-up kartu flazz BCA langsung dari aplikasi blu.

Lebih lanjut, Yoga menjelaskan, selain mendukung transaksi keuangan melalui produk dan fitu, blu juga telah memperluas layanan ekosistem digital dan in-app payment guna mempermudah para nasabah melakukan transaksi keuangan dari aplikasi mitra tanpa perlu keluar aplikasi.

Di antaranya adalah peluncuran kerja sama lewat blUnion dengan berbagai mitra dari beragam sektor industri, mulai dari pembayaran kebutuhan investasi emas bersama EmasKita, food and beverage (FnB) bersama Fore dan Kopi Kenangan, hingga pendidikan yang bekerja sama dengan ITHB, UPH, dan Talenta Nusantara.

"Tak hanya itu, blu juga bekerjasama dengan mitra pembayaran kredit kendaraan seperti BAF (Bussan Auto Finance). Di mana, seluruh pembayaran dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melakukan linkage pada akun rekening blu dengan masing-masing aplikasi mitra," jelas Yoga.

Untuk terus meningkatkan inklusi keuangan nasabah setia, blu juga secara rutin menyelenggarakan promo menarik yang dapat dinikmati nasabah.

Baca juga: blu by BCA Digital luncurkan bluInsurance bersama BCA Life

Baca juga: Frekuensi transaksi QRIS Blu by BCA tembus 700 ribu per Mei 2023

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024