Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Di Mobile World Congress 2024, klien dan pemimpin industri kelistrikan yang berasal dari perusahaan internasional membahas praktik dan inovasi terkini. Huawei juga melansir Intelligent Distribution Solution (IDS) dalam sebuah konferensi dengan tema "Leading Infrastructure to Accelerate Electric Power Intelligence".

David Sun, Vice President, Huawei, dan CEO, Electric Power Digitalization BU, Huawei, menyampaikan presentasi dan meluncurkan IDS. Huawei berkolaborasi dengan mitra ekosistem untuk mengembangkan solusi yang mengatasi high line loss, reliabilitas buruk, beban berat pada manajemen muatan energi baru. Dengan solusi ini, perusahaan listrik bertransisi dari digitalisasi single-point menuju digitalisasi yang didukung arsitektur, bersifat terbuka, mudah berkembang, dan sistematis. Untuk itu, perusahaan listrik memanfaatkan berbagai teknologi penting dengan arsitektur cloud-pipe-edge-pipe-device. Huawei pun menganjurkan penggunaan on-premise private cloud sebagai landasan digital dari sisi komputasi awan. Sementara, solusi kabel dan nirkabel dipakai untuk backhaul network. Dari sisi edge, terminal terpadu yang disebut edge computing unit (ECU) berperan sebagai lean management carrier, menggabungkan fungsi komunikasi, persepsi, dan komputasi. High-speed power line carrier communication (HPLC) generasi baru dari sisi jalur komunikasi tegangan rendah, mendukung akuisisi data dalam hitungan menit, koneksi interaktif yang masif, dan tingkat keberhasilan akuisisi sebesar 99%.

IDS berhasil diterapkan di China. IDS memfasilitasi pemantauan jaringan distribusi, mendeteksi status jalur 10kV secara real-time, dan mewujudkan manajemen pintar energi baru yang terdistribusikan dan bertegangan rendah. IDC menggabungkan HPLC dan teknologi baru lainnya. Berkat perpaduan ini, persepsi dan digitalisasi layanan pada area gardu menjadi transparan. IDS juga memiliki hasil tes tahap awal yang positif di beberapa negara di luar China.

Di ajang tersebut, Sigit Witjaksono, Direktur Bisnis Konektivitas PT PLN Icon Plus, berbagi pengalaman seputar kerja sama dan praktik inovatif yang terjalin dengan Huawei dalam mengembangkan satu fiber untuk berbagai layanan dan distribusi digital. Mahmoud BinAhmed, Acting Chief Commercial Officer, Integrated Dawiyat, memaparkan langkah monetisasi aset perusahaan listrik. Transmission Network Director, Senelec, Mam Singui Sarr, membahas konsep Senelec Smart Grid ONE Network. Konsep ini mengacu pada tantangan dan indikator utama dalam transmisi, transformasi, dan distribusi listrik.

Ke depan, Huawei akan terus menyusun dan membagikan metodologi transformasi digital bersama klien dan mitra, ikut memperkuat landasan digital perusahaan listrik di seluruh dunia, mempercepat perkembangan teknologi pintar, dan memberikan opsi yang menarik bagi pasar global.

Informasi lebih lanjut tentang Intelligent Distribution Solution (IDS):

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024