Sebanyak 500 pohon ini dibagi, 350 pohon ditanam di area Tanam Irigasi Tapin dan 150 batang ditanam di area pembagi air yakni di Bendung Tapin Linuh
Banjarmasin (ANTARA) - Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III bersama komunitas pencinta sungai dan pemerintah melakukan tanam pohon di irigasi Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia dengan tema "Water for Piece".

"Hari ini ada 500 pohon. Ada pohon buah-buahan ada juga yang endemik Kalimantan," ungkap Kepala BWS Kalimantan III I Putu Eddy Purna Wijaya di Taman Irigasi Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Senin.

Baca juga: Perumda Tirta Benteng tanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane

Putu mengatakan sebanyak 500 pohon ini dibagi, 350 pohon ditanam di area Tanam Irigasi Tapin dan 150 batang ditanam di area pembagi air yakni di Bendung Tapin Linuh.

Lanjut Putu, ratusan pohon yang ditanam ini adalah upaya BWS Kalimantan III untuk menciptakan lingkungan yang baik serta memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

"Buah dari pohon-pohon ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Putu menyebutkan selain penanaman pohon pihaknya juga telah membuat 1.000 titik lubang resapan biopori yakni sebuah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Baca juga: Petugas evakuasi pohon tumbang yang menutup jalan Garut-Tasikmalaya

"Dalam rangkaian peringatan Hari Air Sedunia pada tahun-tahun sebelumnya terhitung kita sudah menanam sebanyak 4.444 pohon," ungkapnya.

Putu menuturkan 4.444 ini diantaranya ditanam di area Embung Kampung Banjar, Bendungan Tapin, Embung Kebun Raya, Bendung Pitap, Long Storage Barito Kuala hingga Teluk Kelayan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin memberikan apresiasi kepada BWS Kalimantan III yang telah banyak memberikan manfaat kepada daerah Tapin.

"Kita menyambut gembira apa yang telah dilakukan pihak BWS Kalimantan III. Semoga akan ada program program lain yang bisa di lakukan di Tapin," ujarnya.

Baca juga: DKI kemarin, perkuat sinergi BUMD hingga persaingan di Pilkada DKI

Pewarta: Imam Hanafi/fauzi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024