Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Jawa Barat Rudy Susmanto menyoroti peran daerahnya dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, karena memiliki potensi yang signifikan dalam memajukan ekonomi.

"Kabupaten Bogor ini istimewa, potensi yang dimiliki mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi," kata Rudy di Cibinong, Bogor, Senin.

Menurut dia, Bogor menawarkan berbagai peluang ditandai dengan kekayaan alam dan sumber daya manusia yang beragam. Dari hasil bumi hingga sektor pertambangan, Bogor menyimpan kekayaan alam yang melimpah.

Tidak hanya itu, keberagaman budaya di Kabupaten Bogor juga menjadi kekayaan untuk menjadi daya ungkit pertumbuhan sektor pariwisata.

"Yang perlu kita tekankan perlunya pengelolaan alam yang berkelanjutan serta pengembangan kualitas manusia yang adaptif dan terampil dalam penggunaan teknologi masa kini," kata dia.

Rudy merujuk pada prediksi OECD yang memproyeksikan Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2045. Namun, Rudy juga menyoroti tantangan bonus demografi yang perlu disertai dengan peningkatan kualitas SDM dan produktivitas.

"Mewujudkan Indonesia Maju memerlukan peningkatan nasionalisme, kualitas SDM, infrastruktur, dan transformasi ekonomi. Semua pihak harus berkolaborasi dan berkomitmen pada pondasi negara yang kuat, dan Kabupaten Bogor akan memainkan peran itu," kata Rudy.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Bogor harus membangun sektor pendidikan berbasis keahlian dan teknologi, pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, serta transformasi ekonomi menjadi kunci sukses.

Sehingga, ia menekankan mengenai pentingnya perencanaan yang matang dan pelaksanaan kebijakan yang konsisten.

Bagi Rudy, Indonesia harus menghadapi masa depan dengan tekad dan kerja keras. Hanya dengan komitmen dan kerjasama yang kokoh, Indonesia Maju 2045 akan menjadi kenyataan, bukan sekadar impian.

"Dan saya yakin dengan kepemimpinan sekarang dan yang akan datang semua cita-cita ini bisa kita wujudkan," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi buka kongres ke-23 PGRI ingatkan soal Indonesia Emas
Baca juga: UNFPA: Pemenuhan hak perempuan penting dorong Indonesia Emas 2045

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024