kita ingin memasyarakatkan olahraga lari ini sehingga masyarakat kita terjaga kesehatannya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar collaboRUN atau Lari Bareng ASN yang berasal dari kementerian dan lembaga lainnya, yang diikuti oleh 600 peserta, guna memasyarakatkan olahraga secara lebih menyenangkan.

"Dengan kegiatan yang fun, sehat, kita ingin memasyarakatkan olahraga lari ini sehingga masyarakat kita terjaga kesehatannya, sehingga masyarakat, negara kuat dan produktivitas meningkat," kata Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. Dante Saksono Harbuwono dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Kemenkes menjadi tuan rumah untuk kegiatan collaboRUN tahun ini.

Dalam pernyataannya, Dante menyebut bahwa collaboRUN, yang diadakan pada Minggu (3/3), yang mengangkat tagar #run4health, adalah kegiatan yang sangat positif dan perlu dikembangkan.

"Acara ini sungguh acara yang positif. Nanti saya usahakan dan ini harus dikembangkan, nanti saya akan ikut di kementerian-kementerian lain," kata dia menambahkan.

Adapun kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Direktorat Usia Produktif Kemenkes bersama Kemenkes Runners, yang merupakan komunitas olahraga lari di Kemenkes, dan ASN Nation, yaitu komunitas ASN di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ajang lari LPS Monas Half Marathon 2024 dirancang lebih kompetitif
Baca juga: Dash Sports gelar kompetisi lari diikuti puluhan komunitas


Kegiatan collaboRUN merupakan kegiatan lari bersama yang bersifat santai tanpa unsur kompetisi, yang bertujuan guna memperkuat silaturahim, sinergi, dan kolaborasi antara para pelari yang juga aparatur sipil negara (ASN) dari kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Selain itu, katanya, kegiatan collaboRUN bertujuan membentuk ASN yang tangguh, sehat, dan berkinerja baik.

Adapun jarak yang ditempuh sejauh 5 kilometer dengan rute start di lapangan Kantor Kementerian Kesehatan, Kawasan Mega Kuningan, dan finis kembali ke Kantor Kementerian Kesehatan.

Selain lari santai, dia menjelaskan, rangkaian kegiatan collaboRUN juga mencakup bincang-bincang, berbagai permainan, serta doorprize.

Dante mengatakan, kegiatan collaboRUN ini juga diharapkan meningkatkan komitmen serta kemitraan antara kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah maupun lintas sektor.

Baca juga: Kemenparekraf kampanyekan gaya hidup sehat lewat ajang lari ASN
Baca juga: AIA Vitality Women's 10K ajak perempuan berdaya dengan olahraga
Baca juga: WHM Jakarta jadi wadah pemberdayaan perempuan melalui olahraga lari

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024