Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan (Pemkot Medan), Sumatera Utara, meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena berhasil menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) tertinggi pada 2023.

Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Syaiful kepada Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan Ferri Ichsan dalam Penganugerahan Treasury Ulos Awards 2023 di Medan, Senin.

Ferri menyampaikan rasa syukur karena pihaknya dinilai mampu menumbuhkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui pembiayaan KUR.

Data Perwakilan Kemenkeu Sumatera Utara hingga September 2023 menyebut, penyaluran KUR di Sumatera Utara sebanyak Rp9,46 triliun kepada 166.350 debitur.

Baca juga: Kemenparekraf dan BRI di Medan salurkan KUR lebih dari Rp2 milyar

Sedangkan daerah penyaluran KUR terbesar, yakni Kota Medan total sebanyak Rp1.291,27 miliar, Kabupaten Deli Serdang Rp1.043,5 miliar dan Kabupaten Simalungun Rp756,46 miliar.

"Penghargaan ini tidak terlepas atas Pemkot Medan membangun ekosistem yang baik, khususnya bagi perbankan menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM," katanya.

Pihaknya mengatakan bahwa peran Pemkot Medan juga sangat penting dalam menciptakan iklim kondusif bagi pelaku UMKM, sehingga mendorong pertumbuhan UMKM dengan baik.

"Secara nyata dukungan Pemkot Medan bagi pelaku UMKM menyediakan fasilitas KKP (kartu kredit Pemerintah), dan mewajibkan untuk berbelanja produk-produk UMKM lokal," kata Ferri.

Baca juga: Menko Airlangga pantau pangan pokok hingga dorong KUR di Pasar Medan

Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sumatera Utara Syaiful mengatakan penghargaan ini diserahkan sebagai bentuk rasa cinta dan sinergi yang baik.

Terutama kepada para mitra Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sumatera Utara yang telah berkontribusi.

"Penghargaan ini diberikan untuk semua 'stakeholder' (pemangku kepentingan) yang selama ini menjadi mitra terbaik DJPb Provinsi Sumatera Utara," katanya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024