selama ini pengeringan ikan membutuhkan waktu dua hari dan dengan adanya alat ini diharapkan dapat menghemat waktu sampai hanya enam jam saja
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu optimistis kehadiran rumah pengering di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Utara yang merupakan bantuan program pemberdayaan masyarakat Pertamina Hulu bisa membantu ekonomi warga 

"Produksi ikan asing warga Sabira tentunya bakal meningkat yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup mereka," kata Plt Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari di Jakarta Selasa.

Rita menjelaskan keberadaan rumah pengering membuat kualitas pembuatan ikan asin menjadi lebih baik.

Ia mengatakan rumah pengering ikan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Pulau Sabira yang selama ini dikenal sebagai sentra produksi ikan asin di Jakarta.

“Selain produksi menjadi lebih cepat dan efektif, hasil pengeringan juga akan lebih higienis karena terhindar dari jamur dan kotoran,” kata Rita.

Menurut dia proses pembangunan rumah pengering ikan ini sendiri telah dirampungkan pada Januari 2024 dengan dukungan dari PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES)

Ia mengatakan saat ini masyarakat sedang melakukan proses uji coba untuk mendapatkan formula dan standar operasional pengeringan ikan dan kerupuk.

Menurut dia selama ini pengeringan ikan membutuhkan waktu dua hari dan dengan adanya alat ini diharapkan dapat menghemat waktu sampai hanya enam jam saja.

"Saya apresiasi terhadap PHE OSES yang terus menaruh perhatian terhadap para nelayan dengan dukungan rumah pengering ikan ini," kata dia.

Head of Communication, Relation & CID PHE OSES, Indra Darmawan mengaku pihaknya berupaya mendukung kegiatan warga di sekitar wilayah operasinya, salah satunya adalah melalui pembangunan rumah pengering ikan yang merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat PHE OSES bertajuk “Pendekar Sabira”.

"Program ini juga sejalan dengan poin Sustainable Development Goals (SDG’s-red) nomor satu yaitu pengentasan kemiskinan dan poin delapan yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Penyerahan pengering rumah ikan ini diberikan secara langsung pihak PHE OSES kepada masyarakat Pulau Sabira yang dihadiri Plt Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari serta Kepala Seksi Kelautan dan Perikanan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Elis Rora.
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu miliki sentra tanaman perkuat ketahanan pangan
Baca juga: Kepulauan Seribu miliki "Desa Image" untuk dorong pertumbuhan wisata
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu tutup posko bersama Pemilu di Jakarta Utara

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024