Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ditjen Hubud mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan guna membantu korban banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Melalui Program “DJPU PEDULI” kami telah mengirim bantuan kemanusiaan, dan bantuan tersebut telah disalurkan di Pendopo Bupati Demak, untuk membantu korban banjir Demak,” kata Ketua DWP Ditjen Hubud Solichah dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Solichah menyampaikan bantuan yang disalurkan berupa kebutuhan pokok 100 paket peralatan sekolah, 10 paket peralatan masak dan 150 sembako atau kebutuhan pangan untuk meringankan beban ekonomi korban terdampak banjir.

Bantuan tersebut dikumpulkan di Posko Terpadu Penanganan Darurat Bencana Banjir Kabupaten Demak yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir di daerah tersebut.

Dalam Penyaluran bantuan secara langsung kepada Bupati Demak Esti'anah pada Senin (4/3), Solichah didampingi Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Dewandaru Karimun Jawa.

“Diharapkan bantuan ini dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan meringankan beban masyarakat korban banjir,” ucap Solichah.

Solichah juga menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak yang turut serta membantu penyaluran bantuan tersebut.

“Kami bersama-sama dengan DJPU PEDULI, stakeholder penerbangan dan pemerintah daerah akan selalu berkoordinasi dan berkomitmen untuk terus mendukung upaya penanganan bencana dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutup Solichah.

Sebelumnya banjir melanda wilayah Demak Jawa Tengah sejak 5 Februari 2024. Akibat banjir tersebut banyak warga yang mengungsi akibat rumah mereka terdampak banjir.

Dampak dari bencana hidrometeorologi tersebut juga mengakibatkan sejumlah lahan pertanian terendam banjir bahkan mengakibatkan gagal panen atau puso.

Baca juga: BKKBN berikan pendampingan warga terdampak banjir di Demak
Baca juga: Bupati: Kegiatan belajar di sekolah terdampak banjir kembali aktif
Baca juga: BNPB buka pendaftaran rekonstruksi rumah terdampak bencana alam

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024