Kami berkomitmen terus menggiatkan sektor UMKM di seluruh Kabupaten Tangerang dalam rangka mendongkrak laju perekonomian daerah
Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menggelar pameran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di Gerai Nusantara Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Selasa, mengatakan bahwa pameran ini merupakan salah satu upaya mempromosikan produk UMKM asli daerah Kabupaten Tangerang.

"Kami berkomitmen terus menggiatkan sektor UMKM di seluruh Kabupaten Tangerang dalam rangka mendongkrak laju perekonomian daerah melalui produk-produk ekonomi kreatif berkualitas," katanya.

Menurut dia, sektor ekonomi kreatif merupakan penyumbang produk domestik bruto nasional yang cukup tinggi dengan tiga sektor unggulan yang dimiliki, yaitu kuliner 43 persen, fesyen 17 persen, dan kerajinan yang menyumbang 15 persen produk domestik bruto Indonesia.

"Kontribusi sub sektor ini semakin tinggi dan akan mengubah perekonomian nasional kita. Untuk itu, pengembangan usaha dan peningkatan daya saing UMKM merupakan langkah strategis yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Tangerang libatkan UMKM dalam program Makan Gratis

Baca juga: Menko Airlangga cek simulasi program makan gratis di Tangerang


Ia pun mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan perangkat daerah yang sudah mendorong UMKM, IKM dan koperasi di Kabupaten Tangerang semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar global.

"Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang yang telah menggelar pameran yang digelar selama satu bulan ini di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Andi meminta pelaku usaha UMKM, IKM dan koperasi yang mengikuti pameran untuk tidak mengejar keuntungan yang besar semata. Namun bisa menjadikan pameran tersebut sebagai ajang untuk promosi daerah dan branding produk-produk unggulan berkualitas sebagai menjaring pasar serta memperluas jaringan.

"Kita juga harus ikut bersama-sama memperkenalkan dan mempromosikan Kabupaten Tangerang," kata dia.

Baca juga: IKM binaan Pemkab Tangerang ekspor 4.044 pasang sepatu ke Senegal

Baca juga: Jelang akhir tahun Pemkab Tangerang cek akurasi 4 SPBU di jalur mudik

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024