Kami harapkan sebanyak mungkin UMKM Kota Tangerang yang lulus uji kompetensi dan tersertifikasi dalam kategori sumber daya manusia
Kota Tangerang (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang, Banten, menargetkan 400 pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bisa lulus uji kompetensi.

"Kami harapkan sebanyak mungkin UMKM Kota Tangerang yang lulus uji kompetensi dan tersertifikasi dalam kategori sumber daya manusia,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disperindagkop UKM Kota Tangerang Dewi R Amperawati dalam keterangannya di Tangerang, Selasa.

Dewi mengatakan kegiatan pelatihan bertujuan untuk membina dan memberdayakan UMKM sehingga dapat tumbuh, berkembang dan unggul serta berdaya saing.

Adapun materi pelatihan di antaranya pola menyusun rencana usaha gerai ritel, mengelola keuangan gerai, membuat SOP pengelolaan gerai, membuat standard pelayanan pelanggan hingga pola pemasaran dan kemitraan dalam pengembangan gerai.

Baca juga: Pemkab Tangerang gelar pameran produk lokal di Bandara Soekarno-Hatta

Baca juga: Usaha hiburan Tangerang diminta tutup selama 2 hari sebelum Ramadhan


"Sehingga, UMKM Kota Tangerang kian kompeten untuk terus maju dan mengembangkan usahanya," kata dia.

Ia pun berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga akhir kegiatan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, sehingga menjadi pengusaha yang kompeten, tangguh, mandiri dan mumpuni.

“Selain pelatihan dan sertifikasi seperti ini, Pemkot Tangerang juga rutin memfasilitasi pembuatan NIB gratis, program Tangerang berwirausaha, Tangerang Emas, pendaftaran merek, sertifikasi halal, uji lab hingga pelatihan desain kemasan,” papar Dewi.

“UMKM Kota Tangerang diimbau untuk terus memantau informasi Disperindagkop UKM dan mengikuti segala fasilitasi yang dihadirkan, untuk mencapai UMKM maju untuk Kota Tangerang yang lebih sejahtera,” ujarnya.

Baca juga: Menkop minta UMKM dilibatkan dalam program makan gratis

Baca juga: Airlangga: Program makan gratis bisa tingkatkan ekosistem UMKM

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024