Gianyar, Bali (ANTARA) -
Alun Alun Kota Bangli terpilih sebagai Taman Kota Terbaik di Indonesia dan menerima sertifikat Adipura 2023 dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

"Wapres menyerahkan secara langsung penghargaan Adipura tahun 2023 kepada kabupaten/kota yang dinilai berprestasi dalam pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli I Putu Ganda Wijaya saat menerima penghargaan dari Wapres, di Jakarta, Selasa.

Dalam siaran pers di Gianyar, Bali, Selasa, ia mengatakan Alun-alun Kota Bangli menerima predikat terbaik se-Indonesia hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada  Februari 2024

Pada Adipura tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 Kabupaten/Kota se-Indonesia atau sebanyak 50,39 persen dari 514 Kabupaten/kota di Indonesia.

Baca juga: Gubernur Bali resmikan pembukaan Alun-alun Bangli untuk umum

Penyerahan penghargaan ke Kabupaten Bangli tersebut diterima oleh Kepala DLHK  Bangli I Putu Ganda Wijaya di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta , Selasa.

Pada ajang penghargaan tertinggi dari KLHK tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melaporkan bahwa penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Ginandjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat.

Penghargaan Adipura sebagai bentuk insentif kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Penghargaan tersebut dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Baca juga: Pemkab Bangli bangun alun-alun kota dan gedung DPRD
.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024