Sudah ada 964 unit sarana perkeretaapian menghadapi pengangkutan penumpang arus mudik Lebaran nanti
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan sudah melakukan pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian (ramp check) sarana perkeretaapian 964 unit menjelang arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Untuk update jumlah armada sarana kereta api yang sudah diperiksa atau ramp check per 2 Maret 2024, sudah ada 964 unit sarana perkeretaapian menghadapi pengangkutan penumpang arus mudik Lebaran nanti,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapain Kemenub Risal Wasal dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Risal merinci 964 sarana perkeretaapian tersebut yakni 851 unit kereta ditarik lokomotif; 52 unit kereta rel diesel (KRD) yaitu kereta api yang mempunyai penggerak sendiri menggunakan sumber tenaga motor diesel; dan 61 unit kereta rel listrik (KRL) meliputi LRT Sumatera Selatan (Sumsel) dan KRL Jogja-Solo.

Baca juga: Daop 8 catat 110.415 orang gunakan kereta api periode Lebaran
Baca juga: KAI: Okupansi sejumlah KA untuk sepekan jelang Lebaran capai 90 persen


“Jadi rincian sarana yang sudah diperiksa yaitu kereta ditarik lokomotif 851 unit, KRD 52 unit, dan 61 KRL Jogja Solo serta LRT Sumsel,” katanya.

Lalu, ada 102 unit lokomotif yaitu kepala kereta api yang menarik gerbong kereta yang sudah dilakukan pemeriksaan kelaikan.

“Saat ini kegiatan ramp check atau pemeriksaan sarana masih berlangsung sampai dengan tanggal 22 Maret 2024,” ucap Risal.

Dia menyampaikan bahwa sejauh ini proses pemeriksaan sarana perkeretaapian tidak mengalami kendala yang berpotensi mengganggu operasional kereta. Semua sarana yang diperiksa menunjukkan kelaikan beroperasi dalam pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Diharapkan dengan adanya pemeriksaan sarana ini dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api terutama dari aspek sarana perkeretaapian,” kata Risal.

Baca juga: DJKA: Motor listrik belum masuk layanan mudik gratis dengan kereta api
Baca juga: Kemenhub siapkan 18 stasiun kereta api layani mudik motor gratis


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024