Misi pertama C-130 ke Papua menjadi awal dari operasional penuh pesawat-pesawat tersebut di wilayah tersebut
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memantau langsung perjalanan misi pertama pesawat C-130J Super Hercules A-1343 dari Timika ke Merauke, Senin (4/3)

Dalam unggahan akun Instagram resmi @puspentni pada Rabu, Kasau bersama jajarannya terlihat memantau langsung perjalanan dari pesawat dari kokpit.

Dalam foto yang diunggah terlihat Fadjar duduk kokpit pesawat, tepat di belakang dua pilot yakni Komandan Skuadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astra Duta dan Mayor Pnb Aris Febrianto.

Perjalanan yang ditempuh selama satu setengah jam itu pun berjalan dengan lancar. Dengan berhasil-nya misi pertama pesawat Hercules mendarat di Timika, Fadjar berharap aktivitas pesawat Hercules di wilayah Papua akan semakin banyak.

"Misi pertama C-130 ke Papua menjadi awal dari operasional penuh pesawat-pesawat tersebut di wilayah tersebut," ungkap Fadjar seperti dikutip dalam akun Instagram tersebut.

Tidak hanya itu, dalam akun Instagram tersebut Fadjar juga menyinggung rencana pemerintah meningkatkan kualitas pesawat jenis C-130 H agar setara dengan tipe J.

Baca juga: TNI AU berhasil uji pendaratan C-130J Super Hercules di Wamena 

Baca juga: Kadispenau: TNI AU punya 12 penerbang C-130J Super Hercules

Dia pun mendukung langkah tersebut, demi meningkatkan kapabilitas pesawat dalam menjalankan kegiatan operasional TNI serta melakukan misi strategis di Papua.

Sebelumnya, TNI AU berhasil menguji pendaratan pesawat C-130J-30 Super Hercules nomor registrasi A-1343 di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Minggu (3/3).

Uji coba pendaratan pesawat itu dilakukan agar ke depan TNI bisa mendistribusikan logistik dan kebutuhan lain ke wilayah Wamena menggunakan pesawat Super Hercules.

Dalam unggahan akun Instagram resmi TNI yakni @puspentni, yang dikutip dari Jakarta, Senin (4/3), pesawat transport berat TNI AU itu diawaki Letnan Kolonel Penerbang Alfonsius Duto.

Sebelum uji coba dilakukan, Panglima Komando Pasukan Udara III, Marsekal Muda TNI Benny Arfan, memberi breefing persiapan dengan beberapa jajaran di ruang operasi Pangkalan Udara TNI AU Yohanis Kapiya di Timika, Papua.

Hal tersebut dilakukan mantan komandan Skuadron Udara 5 TNI AU itu guna memastikan uji coba pendaratan pesawat C-130J-30 Super Hercules milik TNI AU itu bisa berjalan dengan lancar. Setelah rapat persiapan digelar, uji coba pun dilakukan.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024