Saat ini warga bersama aparat gabungan berusaha menyelamatkan ikan yang dilindungi, dengan cara menarik ikan ke tengah laut
Mataram (ANTARA) - Warga bersama aparat gabungan TNI-Polri berusaha menyelamatkan ikan paus yang terdampar di Pantai Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Danramil Pringgebaya Kodim 1615 Lombok Timur Kapten Inf Abdul Wahab di Lombok, Rabu, mengatakan ikan paus berukuran besar yang diperkirakan berbobot 300 kilogram tersebut ditemukan nelayan setempat saat terdampar di Pantai Mbang Mbang, Desa Pringgabaya Utara, pada Rabu pukul 03.00 WITA.

"Saat ini warga bersama aparat gabungan berusaha menyelamatkan ikan yang dilindungi, dengan cara menarik ikan ke tengah laut," katanya.

Setelah menerima informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan mengimbau masyarakat tidak membunuh ikan paus tersebut karena ikan paus itu merupakan hewan mamalia yang dilindungi pemerintah.

Baca juga: Puluhan hiu paus bermigrasi ke perairan Kaimana Papua

"Ikan ini merupakan hewan yang dilindungi pemerintah," katanya.

Saat ini warga bersama aparat keamanan sedang berusaha mendorong ikan paus tersebut ke tengah laut dengan menggunakan peralatan seadanya.

"Semoga ikan paus ini terselamatkan dan kembali ke habitat," katanya.

Untuk penyebab ikan paus itu terdampar, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan lebih rinci.

"Untuk penyebab kita belum tahu, saat ini kita upayakan penyelamatan bersama pihak terkait," katanya.

Baca juga: BKSDA Bali tak lakukan pembedahan paus terdampar di Pantai Kuta
Baca juga: KKP kubur paus terdampar di Gili Trawangan


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024