Ambon (ANTARA) - Stasiun Perlindungan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon mengevakuasi ikan paus sperma (Physeter Macrocephalus) yang terdampar di Pesisir Pantai Dusun Tasena, Desa Hatu, Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Kepala Stasiun PSDKP Ambon, Martin Yermias Luhulima mengatakan, penanganan pertama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi jenis paus dan melakukan pengukuran sambil melakukan koordinasi dengan Staf Pemerintah Negeri Hatu.

“Tim juga berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk membantu mengevakuasi ikan Paus tersebut,” kata Martin, di Ambon, Rabu.

Baca juga: BKSDA Bali tak lakukan pembedahan paus terdampar di Pantai Kuta

Ia mengungkapkan, awalnya bermula dari laporan melalui Bere, masyarakat Negeri Hatu bahwa adanya ikan Paus terdampar di pesisir Pantai Dusun Tasena, Desa Hatu yang ditemukan masyarakat.

Selanjutnya Tim Stasiun PSDKP Ambon beserta Tim dari BKSDA Maluku, LOKA Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Satker Ambon, dan Dinas Kelautan dan Perikana (DKP) Provinsi Maluku melakukan peninjauan lokasi terdamparnya Paus Sperma tersebut.

Baca juga: KKP tangani sisa bangkai paus sperma terdampar di NTT

“Ikan Paus Sperma yang terdampar dalam kondisi mati dengan panjang 9 meter, jenis kelamin Betina, perkiraan umur masih anak, perkiraan mati hari Minggu 17 Desember 2023, kondisi ketika ditemukan masuk dalam kode 2 menuju 3 atau masih segar berdasarkan analisa dari LPSPL Ambon,” ungkapnya.

Ia mengaku, setelah tim berunding dan koordinasi dengan pemerintah desa, maka diambil keputusan proses penanganan terhadap ikan paus dengan menariknya untuk ditenggelamkan ke tengah laut.

Baca juga: Bangkai paus sperma terdampar di Pulau Sabu

Penarikan dilakukan oleh tim dengan menggunakan Kapal Garopa dan Kapal Seram Sea milik DKP Maluku dan dibantu masyarakat Negeri Hatu.

Tim bersama masyarakat melakukan penarikan paus yang telah dililit menggunakan jaring yang diberi pemberat ke Kedalaman perairan 540 meter dengan titik koordinat S 3⁰45'46.58" E 128⁰02'28.27",” ucapnya.

Baca juga: Seekor paus sperma betina terdampar di Flores Timur
Baca juga: Bangkai Paus Sperma terdampar di SBT Maluku


Pewarta: Winda Herman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023