Ambon (ANTARA) - Seekor paus Sperma terdampar di pulau Seram Bagian Timur (SBT), Maluku dalam dalam keadaan mati dengan luka pada bagian mulut dan sirip.

"Mamalia laut tersebut ditemukan dalam keadaan mati dan luka-luka pada bagian mulut dan sirip," kata Pengawas Perikanan Stasiun PSDKP Ambon, Wilker Bula, Yochni Anwar Idrus, Sabtu.

Ia mengatakan, setelah diidentifikasi paus Sperma atau Physeter macrocephalus, memiliki panjang 9,40 meter dan lebar 1,97 meter. Diduga mati terdampar sejak empat hari sebelumnya.

"Satwa dilindungi ini mati dan sempat disayat oleh warga sekitar," katanya.

Baca juga: Satu ekor paus sperma terdampar di Alor

Wilker mengaku, mereka kesusahan untuk mengubur bangkai paus tersebut, karena alat berat kesulitan masuk di lokasi. Petugas memilih untuk menarik bangkai itu jauh dari pemukiman warga dan berharap bisa terurai sendiri.

"Susah untuk menguburkan akhirnya diputuskanlah kita coba menarik lagi sedikit supaya agak jauh lagi sekitar delapan kilo dari pemukiman masyarakat untuk kita ikat di sana. Nanti mungkin ke depan akan terurai," katanya.

Wilker mengimbau kepada seluruh warga agar tidak melakukan perburuan terhadap paus itu, sebab paus tersebut merupakan satwa yang dilindungi

Untuk diketahui, paus Sperma, Koteklema atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Paus ini dinamakan karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma. Paus juga merupakan hewan yang harus dilindungi.

Baca juga: Tiga lumba-lumba electra terdampar di Pantai Sidem Tulungagung

Pewarta: Winda Herman
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022