Pangkalpinang (ANTARA) - TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan kegiatan sosialisasi makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) goes to school sebagai langkah mempercepat penanganan stunting di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saat ini pengentasan stunting jadi fokus perhatian pemerintah dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua," kata Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat membuka B2SA goes to school di SD Negeri 5 Desa Petaling Bangka, Rabu.

Ia mengatakan Kepulauan Babel merupakan salah satu provinsi penghasil ikan terbanyak. Namun, tidak semua anak di Kepulauan Babel suka mengonsumsi ikan.

Baca juga: Pemprov Babel-PT Timah berkolaborasi tekan stunting

"Ke depannya, kita bersama Pemprov Kepulauan Babel dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), akan melakukan berbagai upaya untuk mendorong anak-anak kita agar gemar mengonsumsi ikan," katanya.

Ia menekankan kegiatan sosialisasi B2SA goes to school harus lebih digalakkan lagi. Selain sosialisasi, upaya lain yang dapat dilakukan dalam mengenalkan makanan B2SA, yakni dengan menghadirkan video ataupun gambar di sekolah.

"Mungkin setelah ini rekan-rekan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dapat menghadirkan video atau gambar-gambar di sekolah atau di tempat-tempat strategis lainnya agar masyarakat kita lebih paham tentang makanan B2SA," katanya.

Ia berharap ke depan kegiatan B2SA dapat dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Babel. "Yang pasti, adik-adik yang hadir hari ini, merupakan agen perubahan. Melalui kegiatan ini, semoga adik-adik dapat membantu mensosialisasikan makanan B2SA ke teman-teman di sekolahnya atau keluarganya di rumah," katanya.

Baca juga: PKK-DP3ACSKB Babel sinergikan program penanganan stunting

Baca juga: Pemprov Babel gencarkan PIK-R cegah perkawinan anak dan stunting


Usai memberikan sambutan, Safriati Safrizal melakukan Senam Negeriku Kaya Pangan bersama peserta kegiatan, yang terdiri atas perwakilan siswa siswi UPTD SD Negeri 1,2,3,4,5 dan 6 se-Kecamatan Mendo Barat.

Usai melakukan senam, Safriati melakukan penyerahan makanan B2SA secara simbolis kepada perwakilan peserta dan guru pendamping dari masing-masing perwakilan sekolah.

Acara dilanjutkan dengan Edugames Isi Piringku dan mendengarkan Dongeng Pangan Sehat, yang dipandu oleh Bunda Desri dan Boneka Lolly dari Kampung Dongeng Kepulauan Babel. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024