Apabila keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Syafrizal ZA menyatakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Indonesia merupakan organisasi terbesar di dunia yang bersinergi dengan pemerintah dalam memberdayakan ekonomi dan sosial masyarakat.

"Saya berterima kasih dan mengapresiasi seluruh kader PKK yang merangkul hingga unit terkecil dari masyarakat yaitu keluarga,” kata Syafrizal ZA saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Sungailiat Bangka, Rabu.

Ia mengatakan sebagai salah satu organisasi terbesar di dunia, PKK telah berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan, perekonomian keluarga kurang mampu di Indonesia, khususnya Kepulauan Babel. 

"Apabila keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan," ujarnya.

Baca juga: Iriana Jokowi: Kader PKK harus miliki etos kerja tinggi

Ia menyatakan untuk menciptakan keluarga yang berdaya diperlukan pembangunan karakter pada tiap anggota keluarga. Oleh karena itu dibutuhkan ketangguhan organisasi PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang mampu bersinergi melalui program kerja dan kegiatan yang dinamis serta memberi manfaat yang optimal pada masyarakat, dalam mewujudkan 10 Program Pokok PKK.

"Dengan tujuan untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal mengatakan PKK adalah motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi, beserta sinergitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, maupun lembaga non-pemerintah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kita berkorelasi dengan pemerintah terus menggencarkan program penanganan stunting, pelaksanaan kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tata rumah tangga, serta terlaksananya program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap bencana," katanya. 

Baca juga: Gubernur Bali: PKK punya peran strategis sukseskan program pemerintah

 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024