Kepada seluruh kader PKK agar tidak sekedar mendapat piagam penghargaan maupun pin emas, tetapi harus memiliki etos kerja yang tinggi
Medan (ANTARA) - Ibu Negara sekaligus Pelindung Utama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Iriana Joko Widodo mengingatkan para kader Tim Penggerak (TP) PKK baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia harus memiliki etos kerja yang tinggi.

"Kepada seluruh kader PKK agar tidak sekedar mendapat piagam penghargaan maupun pin emas, tetapi harus memiliki etos kerja yang tinggi," kata Iriana Joko Widodo (Jokowi) ketika menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Dengan demikian, lanjut istri Presiden Jokowi itu, TP PKK dapat menjalankan program organisasi yang sinergis dengan program prioritas pemerintah.

"Gerakan PKK itu tumbuh dari bawah. Karena itu prinsip kerja partisipatif ini membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat," ungkap Iriana Jokowi.

Dalam perayaan mengusung tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh" ini dihadiri antara lain Wury Ma'ruf Amin, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian, pengurus TP PKK, Oase Kabinet Indonesia Maju, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

Baca juga: Iriana Jokowi hadiri puncak peringatan HKG PKK ke-51 di Medan

Pada kesempatan tersebut Iriana Jokowi memanggil dua kader TP PKK untuk berdialog di atas panggung.

Kedua kader itu mengaku cukup senang dan bahagia bisa terus beraktivitas di TP PKK daerah masing-masing, sehingga keduanya sudah lebih dari 20 tahun berkegiatan di organisasi kemasyarakatan tersebut.

Meski telah berusia lanjut, namun keduanya yang masing-masing merupakan kader TP PKK dari Kota Tebingtinggi dan Kota Siantar itu ingin terus berkegiatan di organisasi tersebut.

Selain peluncuran Program Keluarga Indonesia Bebas Stunting (KIBAS) yang dilakukan Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian, HKG PKK ke-51 Tahun 2023 ini dirangkaikan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara TP PKK Pusat, Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan PT Nestle Indonesia.

Sebelumnya Iriana Jokowi juga melakukan pemotongan tumpeng didampingi Ibu Wakil Negara Wury Ma'ruf Amin, Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu.

Baca juga: Iriana tekankan prinsip partisipatif peringari HGK PKK
Baca juga: Gubernur Bali: PKK punya peran strategis sukseskan program pemerintah

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023