Medan (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-51 Tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara, yang berlangsung meriah dan istimewa.

Perhelatan ini diikuti seluruh pengurus Tim Penggerak (TP) PKK baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia. Selain memotong nasi tumpeng, Ibu Negara Iriana Jokowi yang juga Pelindung Utama PKK sempat berdialog dua kader PKK di atas panggung.

Dalam ajang ini dihadiri Ketua Umum TP PKK Tri Tio Karnavian, istri menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari, dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Iriana Jokowi mendengarkan ungkapan hati kedua kader PKK dari Kota Tebingtinggi dan Kota Siantar.

Kedua kader ini mengaku cukup senang dan bahagia bisa terus beraktivitas di TP PKK masing-masing daerah, sehingga sudah lebih dari 20 tahun berkegiatan di organisasi kemasyarakatan tersebut.

Walau telah lanjut usia, keduanya ingin terus berkegiatan di organisasi tersebut. Dalam kesempatan itu, Iriana Jokowi juga meminta agar kedua kader TP PKK ini tidak sekadar mendapat piagam penghargaan, tapi juga pin emas.

Iriana mengatakan kader PKK memang dikenal memiliki etos kerja yang tinggi dalam menjalankan program organisasi yang sinergis dengan program prioritas pemerintah.

Baca juga: Iriana Jokowi ke Medan, hadiri HUT Dekranas dan Gelar Melayu Serumpun

Ia mengatakan gerakan PKK tumbuh dari bawah karena prinsip kerjanya partisipatif dan membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

Puncak peringatan HKG PKK ke-51 ini ditandai juga dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara TP PKK, Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan PT Nestle Indonesia, kemudian dilanjutkan peluncuran keluarga Indonesia bebas stunting (kekerdilan).

Pada perhelatan ini juga diberikan piagam penghargaan kepada kader inspiratif PKK kabupaten/kota se-Indonesia dan penghargaan kepada wanita berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

Panggung puncak peringatan HKG ke-51/2023 ini dimeriahkan penampilan kesenian binaan TP PKK Kota Medan diantaranya tarian beragam etnis dan budaya di Sumut.

Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian mengatakan gerakan PKK senantiasa tumbuh, berkembang sinergis, dan mendukung, serta menyukseskan program-program pemerintah.

Hal ini sejalan dengan dengan tema HKG PKK ke-51 yakni "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tanggung Wujudkan Indonesia Tumbuh".

"Berbagai program telah dijalankan TP PKK diantaranya pendidikan karakter menyiapkan generasi muda, sosialisasi pencegahan nikah dini dan anti-narkoba, dan program peningkatan kesejahteraan keluarga," kata Tri Tito Karnavian.

Baca juga: Ketua PKK Pusat minta semua program harus menyentuh masyarakat
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023