Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggelar olimpiade sains tingkat SD, SMP, SMA se-Maluku untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi Z (Gen Z) di daerah itu.

“Kegiatan yang dilaksanakan Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) ini diikuti oleh 3.323 siswa se-Maluku,” kata Ketua Panitia lomba, Dr Ivonne Telussa di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan olimpiade sains di Maluku perlu ditingkatkan, mengingat secara global perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) saat ini sangat pesat. Sebab, Iptek tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dan penguasaan ilmu dasar, seperti matematika, fisika, kimia dan biologi.

Baca juga: KLHK-Unpatti kerja sama studi potensi SDA Maluku

Oleh karena itu, katanya, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Fakultas MIPA Universitas Pattimura untuk meningkatkan potensi generasi muda di Provinsi Maluku terhadap penguasaan ilmu-ilmu dasar melalui sebuah kompetisi yang sehat dan sportif.

“Olimpiade Sains 2024, merupakan kompetisi yang bersifat ilmiah dengan bidang lomba untuk setiap jenjang pendidikan, yakni SD (matematika dan IPA), SMP (matematika, fisika dan biologi), tingkat SMA (matematika, fisika, kimia, biologi, statistika, komputer, astronomi dan kebumian), dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 3.323 siswa meliputi sembilan kabupaten dan dua kota se-Maluku,” katanya.

Sementara itu, Plt Dekan FMIPA Unpatti, Dr Wattimanela mengatakan olimpiade sains merupakan kegiatan rutin tahunan dari FMIPA Unpatti. Kegiatan ini juga bagian dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Hal ini merupakan salah satu wujud kegiatan FMIPA Unpatti dalam rangka meningkatkan kualitas generasi muda di Maluku,” katanya.

Wattimanela menambahkan kegiatan ini tentu memberikan pengalaman yang baik bagi peserta lomba dan menjadi tolok ukur bagi sekolah secara khusus untuk mengevaluasi proses pembelajaran agar semakin berkualitas.

Baca juga: Unpatti siap jadi tuan rumah KKN kebangsaan 2024

Baca juga: Unpatti beri penghargaan mahasiswa juara lomba karya tulis nasional


Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi para siswa terkait dengan sifat, integritas, kejujuran, kerja keras, dan teliti di dalam melaksanakan berbagai tugas masing-masing. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membingkai kebinekaan yang ada di dalam NKRI.

“Karena yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai latar suku, budaya dan agama, sehingga kebinekaan yang ada di Provinsi Maluku harus dijaga dengan baik. Tetap semangat dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik,” ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024