Depok (ANTARA) -
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll berharap pertandingan timnya melawan tuan rumah Persib Bandung dihadiri penonton, meski tim Maung Bandung sedang dijatuhi hukuman menggelar laga kandang tanpa penonton.

Persib dikenai hukuman tersebut setelah kerusuhan penonton di luar perimeter stadion usai pertandingan melawan PSIS Semarang pada 27 Februari. 

Klub kebanggaan Jawa Barat itu mengajukan proses banding kepada Komite Disiplin PSSI.

“Semoga (Persib) tidak (terkena hukuman). Sepak bola adalah emosi dengan para penggemar," kata Doll usai memimpin latihan tim Persija di Lapangan Nirwana Park, Depok, Rabu.

Baca juga: Erick jelaskan lagi alasan penerapan VAR untuk Liga 1 ditunda

"Menurut saya, tentu pendukung kami tidak bisa pergi ke Bandung. Namun semoga ada penonton, karena tidak bagus saat kita memainkan derby terpenting di Indonesia tanpa penonton,” kata Doll, yang menyebut kehadiran penonton bakal motivasi pemain.

Doll juga menyoroti pemilihan waktu kickoff pukul 15.00 WIB karena menurutnya pertandingan besar mestinya dimainkan dalam suhu ideal, dan digelar dengan sorotan lampu untuk menghasilkan pemandangan bagus di stadion.

Walaupun demikian, Doll memahami situasi dan risiko.

"Mungkin kepolisian juga yang memutuskan hal ini. Tentu kami harus mengikuti peraturannya, itu tidak masalah,” kata  mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Pada laga sebelumnya, Persija menang besar 4-0 atas Dewa United, yang membawa mereka ke peringkat kedelapan klasemen liga.

Baca juga: Madura United tekuk Persita Tangerang 3-2

Doll ingin meneruskan tren kemenangan tim Macan Kemayoran, terutama saat melawan musuh bebuyutan.

“Pertandingan ini sangat penting untuk semua orang. Kami berharap, kami dapat memuaskan pendukung kami, itu sangat penting, terutama untuk (memuaskan) kami sendiri,” kata dia.

Pertandingan Persib dan Persija di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung itu berlangsung Sabtu pekan ini. 

Kemenangan akan membawa Persija naik ke posisi ketujuh klasemen dengan 38 poin, yang sekaligus menggeser Barito Putera.

Baca juga: Nova Arianto akan berburu pemain EPA Liga 1di segala posisi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024