Jakarta (ANTARA) - Wakil Asisten Menteri Luar Negeri AS Melissa A. Brown pada Rabu mengatakan bahwa kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan AS semakin menguatkan hubungan kedua negara.

“Kita baru saja mencapai kemajuan signifikan dan terus bergerak maju. Kita akan terus berbuat lebih banyak dan memanfaatkan pencapaian sebelumnya,” kata Melissa usai menghadiri peringatan 75 tahun hubungan Indonesia-AS di Jakarta.

Pada November 2023, Indonesia dan AS telah meningkatkan hubungan mereka menjadi kemitraan strategis komprehensif.

Melissa mengatakan bahwa semakin kuatnya ikatan kedua negara akan semakin banyak hal yang bisa dilakukan bersama.

“Apa lagi yang bisa kita lakukan bersama? Dan itu tidak hanya berarti kedua negara; bisa juga berarti Amerika Serikat dengan ASEAN,” katanya, seraya menambahkan bahwa AS sangat menghargai persahabatan dan kemitraan dengan negara lain.

Menurut Melissa, tema perayaan 75 tahun hubungan Indonesia-AS, yaitu keberagaman, demokrasi, dan kemakmuran, adalah hal yang mutlak bagi masa depan hubungan kedua negara.

“Kita lebih kuat karena kita beragam. Kita membuat orang-orang merayakan perbedaan dan memberi perspektif yang berbeda,” katanya.

Dia juga berpendapat bahwa demokrasi merupakan tanggung jawab yang sangat berat karena negara harus melindungi hak asasi manusia, memastikan penegakan hukum, dan memiliki pemerintahan yang baik.

Semua orang harus tetap bekerja dan warga negara, terutama generasi muda, selalu diedukasi tentang tanggung jawab mereka.

Tentang kemakmuran, Melissa menekankan pentingnya memiliki harapan tentang masa depan dan memastikan masyarakat mendapatkan makanan, layanan kesehatan, dan pekerjaan yang layak.

Mewujudkan hal itu memerlukan banyak kemitraan, termasuk di bidang ekonomi, energi, dan teknologi, katanya.

Baca juga: Indonesia dan Amerika Serikat jajaki kerja sama pengembangan AI
Baca juga: Wisman AS ke Indonesia tempati peringkat ketujuh hingga November 2023


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024