Saya berharap Pikachu Indonesia Journey dapat memberikan program peningkatan kapasitas untuk pengembang gim terbaik di Indonesia....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Niantic yang turut mempromosikan potensi parekraf Indonesia melalui rangkaian kegiatan Pikachu Indonesia Journey sejak diluncurkan pada 11 Januari 2024.
 
"Saya berharap Pikachu Indonesia Journey dapat memberikan program peningkatan kapasitas untuk pengembang gim terbaik di Indonesia, bekerja sama dengan Google dan Microsoft untuk melakukan pitch evaluation," kata Menparekraf di Jakarta, Rabu.
 
Menurutnya, Pikachu Indonesia Journey yang digelar di Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta ini dinilai mampu meningkatkan kapasitas pengembang gim Indonesia serta promosi Pikachu dengan nuansa lokal Indonesia.

 Baca juga: Bali jadi lokasi perdana Perjalanan Pikachu Indonesia

Kegiatan Pikachu Indonesia Journey: Bali yang digelar pada 2-3 Maret 2024 berhasil mencapai angka penjualan tiket kepada 13.151 orang dan 90 persen pengunjungnya adalah wisatawan mancanegara yang berasal dari 36 negara.
 
"Jadi kami berharap event selanjutnya dapat menarik lebih banyak audiens untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, kami tertarik untuk memperkuat kolaborasi ini dengan Niantic," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf: Kolaborasi GIAA-Pokemon jadi langkah inovatif
 
Selain menggelar rangkaian kegiatan Pikachu Indonesia Journey, Niantic bekerja sama dengan Garuda Indonesia juga telah meluncurkan “Pokémon Air Adventures" yang menawarkan pengalaman terbang dengan tema Pokemon pada beberapa rute penerbangan domestik di Indonesia. Menparekraf menyarankan agar Niantic dapat bekerja sama dengan Pixel dan InJourney untuk mempromosikan kegiatan Pikachu Indonesia Journey di beberapa bandara di Indonesia.
 
Hal ini disambut dengan baik oleh Vice President of Emerging Markets Niantic, Omar Tellez, dirinya berkomitmen untuk selalu siap bekerja sama dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam memperkenalkan kekayaan tradisi dan budaya Indonesia lewat gim Pokemon GO.
 
"Kami berharap ke depan dapat bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk mempromosikan Pikachu Indonesia Journey lebih luas lagi," kata Omar.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024