Upaya ini merupakan langkah inovatif untuk mengembangkan sektor pariwisata Indonesia dengan cara menarik wisatawan nusantara dan regional
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan kolaborasi antara maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dengan The Pokémon Company menjadi langkah inovatif kembangkan sektor pariwisata Indonesia.

"Upaya ini merupakan langkah inovatif untuk mengembangkan sektor pariwisata Indonesia dengan cara menarik wisatawan nusantara dan regional, khususnya para penggemar Pokemon untuk terbang bersama Garuda Indonesia ke berbagai destinasi di Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  di Jakarta, Sabtu.
 
Kerja sama melalui pengoperasian livery tematik Pikachu Jet GA-1 yang diaplikasikan pada pesawat Boeing 737-800 NG ini diharapkan juga sebagai pemantik bagi berbagai IP Indonesia untuk dapat terus berkembang dan mampu mencapai kesuksesan.
 
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengungkapkan, penjajakan kerja sama yang dilakukan sejak 30 Mei 2023 ini akhirnya terlaksana melalui penandatanganan MoU antara Garuda Indonesia dengan The Pokemon Company dalam menjalankan Pokemon Air Adventure.
 
“Kita menyaksikan Pikachu yang merupakan salah satu ikon legendaris dari Pokemon berkolaborasi dengan ikon legendaris penerbangan kebanggaan Indonesia, yaitu Garuda Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman penerbangan spesial kepada penumpang dan penggemar setia Pokemon/Pikachu serta Garuda,” ujarnya.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, peluncuran desain livery tematik Pikachu Jet GA-1 ini merupakan inisiatif berkelanjutan Garuda Indonesia yang terus diselaraskan dengan animo masyarakat ketika menyambut kehadiran dan berbagai pengalaman tematik Pokémon dalam penerbangan Garuda Indonesia.
 
"Dioperasikannya Pikachu Jet GA-1 secara resmi ini sekaligus menjawab antusiasme masyarakat yang ingin merasakan pengalaman penerbangan yang unik melalui peluncuran livery dan berbagai aktivasi bersama The Pokémon Company," kata Irfan.
 
Pengoperasian desain tematik Pikachu Jet GA-1 tersebut merupakan bagian dari program "Pokémon Air Adventure" yang akan diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024 di Bali.
 
Program itu merupakan kolaborasi antara Garuda Indonesia dan The Pokémon Company untuk menghadirkan pengalaman penerbangan yang baru dan unik untuk pengguna jasa Garuda Indonesia, khususnya pecinta Pokémon.
 
Lebih lanjut, penerbangan pesawat dengan livery Pikachu Jet GA-1 tersebut nantinya juga akan melayani beberapa rute domestik seperti Batam, Medan, Palangkaraya, Malang, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar-Makassar vv, Merauke-Jayapura vv, serta rute internasional Surabaya-Singapura vv.

Baca juga: Bergambar Pikachu, Garuda Indonesia kepakkan sayap jangkau dunia
Baca juga: Dirut Garuda optimis Pikachu Jet GA1 tingkatkan daya tarik penumpang

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024