Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Forum Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) Hadi Tjahjanto beserta jajarannya mencari bibit atlet karate untuk berlaga di kompetisi tingkat internasional.

Hadi yang juga Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI mengatakan hal itu ketika membuka Kejuaraan Nasional PB FORKI 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu.

"Ini adalah untuk menyeleksi dan memantau atlet-atlet yang berbakat dan berkualitas untuk diproyeksikan dalam rangka pembinaan nasional, sekaligus menghadapi event level regional dan internasional," kata Hadi dalam sambutannya saat dikutip siaran resmi.

Menurut Hadi, perhatian khusus harus diberikan kepada olahraga cabang karate lantaran secara konsisten menyumbang prestasi untuk Indonesia.

Bahkan, Hadi menyebutkan terdapat lima atlet nasional yang masuk jajaran 30 besar dunia untuk kategori senior, satu di antaranya masuk peringkat tiga besar dunia.

Oleh karena itu, lanjut dia, olahraga ini masuk dalam salah satu cabang yang mendapatkan pembinaan serius dari pemerintah.

Dikatakan bahwa kompetisi yang berlangsung mulai hari ini hingga Jumat (8/3) diikuti oleh seluruh perguruan karate di Indonesia.

Atlet yang memiliki bakat, kata dia, akan dibina secara serius oleh PB FORKI untuk dipersiapkan membawa nama Indonesia dalam kompetisi internasional.

Dengan adanya kompetisi tingkat nasional ini, Hadi berharap makin banyak bibit unggul atlet karate nasional yang siap mengharumkan nama Indonesia.

Baca juga: Ketum PB FORKI komitmen akan siapkan atlet untuk tingkatkan prestasi
Baca juga: Hadi Tjahjanto kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum PB FORKI

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024