Ambon (ANTARA) - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial mengajak warga Kariuw Haruku untuk berkontribusi membangun Maluku agar menjadi lebih baik.

“Saya selaku Pangdam XVI/Pattimura mengajak dan mengimbau kita semua basudara, mari kita bangun masa depan untuk anak-anak kita ke depan, agar mereka sejahtera, damai, mendapatkan pekerjaan yang baik dan penghidupan yang layak,” ucapnya saat melakukan kunjungan ke Pulau Haruku Maluku, Rabu.

Pangdam mengutarakan hal itu dalam seremonial penyerahan kunci dan pemanfaatan rumah khusus relokasi terdampak bencana sosial di daerah itu.

Penyerahan seremonial bantuan perumahan khusus pada tahap satu ini sebanyak 50 unit dari total keseluruhan 257 unit.

"Harapannya, bantuan ini dapat menjadi sarana meningkatkan kebersamaan di antara sesama masyarakat Maluku di bumi raja-raja ini,” tutur Pangdam.

Baca juga: Pangdam Pattimura ajak prajurit galakkan program air bersih di pelosok

Bantuan rumah ini diharapkan dapat menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi korban bencana, memulihkan kehidupan mereka, serta memberikan dukungan moral.

"Hal ini tentunya sejalan dengan Program unggulan Kodam XVI/Pattimura, yaitu Basudara Pattimura, dimana melalui kearifan lokal dan falsafah orang Maluku katong semua basudara, pela gandong, potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa, mampu menjadi contoh bagi kehidupan sehari -hari,” ujar Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, kebersamaan dan persaudaraan semua komponen bangsa merupakan modal utama, untuk mewujudkan kondisi wilayah aman, damai dan kondusif.

Dalam kesempatan yang sama, Pejabat Kepala Pemerintah Negeri Kariuw Haruku Yori Samuel Radjawane, mewakili masyarakat Kariuw Haruku, mengucapkan rasa terima kasih atas hadirnya negara mulai dari unsur pimpinan hingga daerah untuk melihat mereka.

"Hari ini, 50 rumah kami terima dengan senang hati dan tangan terbuka,” katanya.

Baca juga: Kodam Pattimura rehabilitasi kawasan hutan melalui kegiatan Pramuka 
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024