memprioritaskan penanganan banjir, kemacetan lalu lintas, pengelolaan sampah, penanganan stunting, dan pencegahan kebakaran
Jakarta (ANTARA) - Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cengkareng yang terintegrasi musrenbang kelurahan pada 2024 membahas sebanyak 385 usulan masyarakat, Rabu.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Jakarta Barat, Amien Haji menyebut usulan-usulan dari musrenbang terintegrasi kelurahan untuk dikawal hingga tingkat kota Jakarta Barat yang nantinya akan direalisasikan.

"Usulan yang terkumpul menjadi atensi bahwa ini adalah harapan masyarakat dan menjadi tanggung jawab bersama untuk terus dikawal sampai dengan pembahasan di tingkat kota," ujar Amien dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Adapun usulan-usulan tersebut terdiri atas 64 usulan Kelurahan Duri Kosambi, 59 usulan Rawa Buaya, 35 usulan Kedaung Kali Angke, 75 usulan Kapuk, 89 usulan Cengkareng Timur, dan 63 usulan Cengkareng Barat.

Sementara itu, Camat Cengkareng, Ahmad Faqih mengatakan dalam musrenbang tersebut, pihaknya memprioritaskan penanganan banjir, kemacetan lalu lintas, pengelolaan sampah, penanganan stunting, dan pencegahan kebakaran.

"Kami mempunyai skala prioritas pembahasan usulan dari masyarakat, mulai penanganan banjir, rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan, dan pengelolaan sampah di wilayah," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkot Jakbar menyelipkan sosialisasi pencegahan human immunodeficiency virus (HIV) dalam setiap musrenbang.

Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Barat, Achmad Ichsan Tasik mengatakan sosialisasi dilakukan untuk memaksimalkan waktu berkumpulnya masyarakat saat musrenbang berlangsung.

"Kita bantu untuk sosialisasi kepada masyarakat, kita menyelipkan tim dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) untuk sosialisasikan kepada masyarakat di semua kecamatan, kelurahan kalau penyakit itu menular dari begini dan lainnya," kata Achmad saat ditemui di Jakarta pada Selasa (27/2).
Baca juga: Usulan turap hingga pagar pengaman warnai musrenbang di Pegangsaan Dua
Baca juga: Hasil Musrenbang 2024 Jakut diminta bisa dorong ekonomi tumbuh
Baca juga: Jaktim minta usulan Musrenbang 2024 sesuai kebutuhan warga


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024